Rabu, 04 Mei 2011

احكام النكاح

الإسم : عمران مر حاميد (09260003)
المادّة : الترجمة 2
المحاضرة : الدكتوراند ميمونة الماجستيرة

حكم النكاح
ذكروا أن النكاح قد تتعلق به الأحكام الخمسة، فإذا قيل: متى يكون واجبا؟ يجب على القادر الذي يخشى إذا تركه الوقوع في الزنا، قادر من حيث إنه معه مهر، وكذلك قادر على الإعفاف؛ على إعفاف نفسه، وإعفاف المرأة، ويخاف على نفسه الزنا؛ إذا لم يتزوج فإنه على خطر أن يزني، فمثل هذا يجب عليه أن يتزوج؛ لوجود أسبابه، وللخوف على نفسه. يقال له: أعف نفسك. لا تتعرض للفواحش، ولا للمنكرات. قم بما تستطيعه من إعفاف نفسك؛ فيكون بذلك قد اعتزم أن يعف نفسه إذا تزوج.
متى يكون النكاح مندوبا ومستحبا؟ إذا كان قادرا على المئونة، وعلى الإعفاف، ولكنه يملك نفسه؛ يقدر أن يملك نفسه، ولا يقع في الزنا، ولا يخاف على نفسه الوقوع في الفاحشة، ولكن له شهوة، وله ميل، وعنده قدرة على إعفاف المرأة، وعنده أيضا قدرة على المهر، وما يستلزمه؛ فمثل هذا يُسن له، ولا يجب.
وإذا قيل: متى يكون مباحا؟ إذا لم يكن له شهوة قوية، ولكنه قادر على مئونة النكاح، وليس له شهوة، أو له شهوة ولكن ضعيفة؛ له أن يتزوج، وله أن يترك، وكلاهما في حقه سواء؛ وذلك لأنه قد يكون في النكاح فائدة؛ حيث إنه يكفل هذه المرأة، وكذلك قد يعفها، ولو كانت شهوته ضعيفة، وقد يرزق منها ولدا، أو أولادا ولو كانت شهوته ضعيفة، ففي هذه الحال فيه مصلحة؛ فيكون في حقه مباحا.
متى يكون مكروها؟ إذا علم بأنه لا يعف المرأة، وعلم بأنها ذات شهوة، وأنها قد تتضرر، وتتأثر من بقائها معه وهو ليس له شهوة، وليس له قدرة على الاستمتاع؛ ففي هذه الحال يكون مكروها.
متى يكون حراما؟ إذا تزوج امرأة وهو يعلم أنه لا يعفها، ولا يعطيها حقها، ولا ينفق عليها، وأنه يعرضها للفواحش، فيحرم عليه والحال هذه، فعرفنا أنه تارة يكون واجبا، وتارة يكون مندوبا، وتارة مباحا، وتارة مكروها، وتارة حراما.
وكذلك النبي -صلى الله عليه وسلم- كان يحث على النكاح. في الحديث الصحيح: « يا معشر الشباب، من استطاع منكم الباءة فليتزوج؛ فإنه أغض للبصر، وأحصن للفرج، ومن لم يستطع فعليه بالصوم؛ فإنه له وجاء »14
أمر أولا الشباب، وسبب توجيه الخطاب إلى الشباب؛ لأنهم عادة أقوى شهوة؛ شهوتهم غالبا تكون حادة؛ ولأنه قد لا يكون لهم الوازع الإيماني؛ لأنهم لم تتكامل عقليتهم، ولم تقو معنوياتهم، ولم ترسخ العقيدة في قلوبهم، وهم على خطر. إذا لم يتزوج أحدهم فإنه يتعرض للفتن، ويُخشى عليه أن يقع في الزنا؛ فلأجل ذلك خاطبهم.
البصر هو النظر؛ يعني: مد الإنسان بصره إلى النساء الأجنبيات؛ ينظر إليهن حتى ولو كن متسترات؛ فإن ذلك حرام، ولكن عادة أنه إذا تزوج لم تتطلع عينه، ولم تمتد رغبته إلى ما حرم الله؛ يكتفي بما أباح الله له؛ حيث رزقه هذا الحلال الذي هو الزوجة الحلال له. وقد أمر الله بغض البصر، وإحصان الفرج في قوله تعالى: ﴿ قُلْ لِلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا مِنْ أَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوا فُرُوجَهُمْ ﴾16 وفي قوله في سورة المؤمنين: ﴿ وَالَّذِينَ هُمْ لِفُرُوجِهِمْ حَافِظُونَ ﴾17 ؛ يعني: حافظون لفروجهم عن الفواحش كالزنا، واللواط، ونحو ذلك. أغض للبصر؛ يعني: أمر الله به ليغضوا من أبصارهم، ولا يمدوا أبصارهم إلى ما لا يحل لهم النظر إليه.)مصحف المدينة للنشر الحاسوبي www.google.com)



















Hukum Perkawinan

Menyatakan bahwa pernikahan mungkin terkait oleh ketentuan-ketentuan dari lima, Jika dikatakan: Kapan wajib? Ketika Seseorang takut bahwa jika dibiarkan jatuh ke dalam perzinahan, yang mampu seperti itu dengan mas kawin, serta tidak dapat Aliafav, untuk menjaga dirinya sendiri suci, dan wanita suci, dan ketakutan bahwa perzinahan; Jika Anda tidak menikah itu adalah resiko untuk melakukan percabulan, seperti seseorang harus menikah , kehadiran penyebabnya, dan takut untuk dirinya sendiri. Berkata kepadanya: jijik sendiri. Tidak dikenakan Vuahc, maupun kejahatan. Apakah diri sekaleng suci, maka ia mungkin berniat untuk dibebaskan sendiri jika menikah.
Ketika delegasi Perkawinan dan diinginkan? Jika dia mampu maju pada biaya, dan Aliafav, tetapi ia harus sendiri, diperkirakan bahwa ia memiliki dirinya sendiri, dan tidak berlokasi dalam perzinahan, jangan takut bahwa ia mungkin jatuh ke dalam dosa, tetapi nafsu, dan memiliki kecenderungan, dan memiliki kemampuan untuk tetap wanita suci, dan juga kemampuan mahar, dan yang dibutuhkan, sebuah seperti Sunnah untuk dia, dan tidak seharusnya.

Dan apabila dikatakan: Kapan diperbolehkan? Jika ia memiliki keinginan tidak kuat, tetapi tidak mampu untuk menikah menimbun, dan ia tidak memiliki keinginan, atau nafsu, tetapi lemah, karena dia menikah, dan harus pergi, dan keduanya di kanan baik, karena mungkin dalam manfaat pernikahan, seperti ini memastikan bahwa perempuan, Mungkin juga Iafha, bahkan jika keinginan lemah, telah dikaruniai seorang anak, atau anak-anak, jika keinginan lemah, dalam hal ini bunga; harus diperbolehkan dalam kasusnya.
Ketika membenci? Jika dia tahu bahwa dia tidak hemat perempuan dan ilmu sebagai keinginan, dan mereka mungkin akan terpengaruh, dan dipengaruhi oleh tinggal dengan dia bukan nafsu, bukan kemampuannya untuk menikmati; Dalam hal ini, akan dibenci.
Kapan haram? Jika ia menikahi seorang wanita dia tahu dia tidak Iafha, dan memberikan mereka hak, tidak membelanjakannya, dan itu menghadapkan dia untuk melakukan tindakan amoral, hukumnya haram baginya, dan karena itu, Varafna kadang-kadang ia akan wajib, dan kadang-kadang para delegasi, dan kadang-kadang diperbolehkan, dan kadang-kadang tidak populer, dan kadang-kadang dilarang.
Serta Nabi - saw - telah mendesak pada perkawinan. Hak untuk berbicara: «" Wahai anak muda,siapapun di antara Anda mampu untuk menikah, biarkan melainkan menurunkan pandangannya dan menjaga kesucian seseorang, dan siapapun bisa tidak cepat, itu datang kepadanya »14



Apakah pemuda pertama, dan alasan untuk mengarahkan pidato kepada orang-orang muda, karena mereka biasanya keinginan kuat; nafsu sering menjadi parah, dan yang mungkin tidak memiliki iman moral, karena mereka tidak terintegrasi mentalitas mereka, bukan setiap saat bahwa moral mereka tidak keyakinan mengakar kuat di hati mereka, mereka beresiko. Jika Anda tidak menikahi salah satu dari mereka terkena godaan, dan dikhawatirkan akan jatuh ke dalam perzinahan, bahwa kami akan berbicara dengan mereka.
Sight adalah pertimbangan; berarti: mata manusia D untuk perempuan asing; menganggap mereka bahkan jika mereka Mtstrut,, itu adalah haram, tetapi biasanya bahwa jika dia menikah tidak terlihat sama, tidak memperpanjang keinginannya untuk apa yang Allah telah dilarang, hanya apa yang Allah telah diizinkan itu, di mana hidup ini Aku seorang istri yang istrinya. Allah telah memerintahkan untuk menurunkan mereka menahan pandangannya dan benteng vagina pada ayat:) Katakanlah kepada orang-orang percaya untuk menurunkan mereka menahan pandangannya dan menjaga kerendahan hati mereka (16 Dengan mengatakan dalam Surat-orang percaya Al:) Dan orang-orang yang menjaga kesucian mereka (17; berarti: menjaga kerendahan hati mereka untuk amoralitas seperti perzinahan, homoseksualitas, dan sebagainya. Menurunkan pandangan; berarti: Allah memerintahkan para pria untuk menurunkan mereka menahan pandangannya, dan berbaring mata mereka dengan apa yang tidak dibolehkan bagi mereka untuk dilihat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar