Selasa, 11 Oktober 2011

قرأة الكتب ٢

قرأة الكتب ٢
(وظيفة اللغة)




قدمت المقالة للمجادلة في مادّة قرأة الكتب
كاتب :
عبد الرّحمن (۰٩٢٦۰۰۰١)
عمران مرحاميد (۰٩۲٦۰۰۰٣)
محاضرة :
الأستاذة مرشدة الماجستير
قسم تعليم اللغلة العربية
كلية التر بيّة
بالجامعة رادين فتاح الإسلامية الحكومية فالمبانج
٢۰١۱
وظيفة اللغة
إن للغة وظيفة كبرى في حياة الفرد, فهي التي يتخذها المرء للتعبير عما يجيش في نفسه من إحساسات و أفكار, وهي وسيلة لا تصال المرء بغيره, وبهذا الاتصال يحقق ما يصبو إليه من ما رب وما يريده من حاجات و اللغة تهيئ للفرد فرص كثيرة للانتفاع بأوقات الفراغ عن طريق القراءة التي تجعله يطل من خلالها على العالم فتزيد من معارفه و انتاجه الفكري, كما تمده بالمتعة الروحية المتجددة عن طريق التذوق الجمالي للاثار الأدبية. واللغة تعين على ضبط التفكير ودقته, لان التفكير لا يمكن أن يتم دون استخدام الالفاظ الدالة على معان محددة, ولذا قيل : التفكير كلام نفسى, والكلام تفكير جهري. ومن أغراض اللغة أنها وسيلة لنشر الثقافة بين أفراد الأمة ونقلها من السلف إلي الخلف, ولذا فقد كانت الأداة الأولى الممتازة للتعليم, فباللغة يستفيد الإنسان من تجارب الأمم, و باللغة يستطيع أن ينقل المعرفة من فرد إلى أخرومن جيل إلى جيل.
وللغة دور هام في حياة المجتمع فهي أداة التفاهم بين الأفراد والجماعات، وهي سلاح الفرد في مواجهة كثير من المواقف الّتى تتطلب الكلام أو الإستماع أو الكتابة أو القرأة، وهذه الفنون الأربعة أدوات هامة في إتمام عملية التفاهم من جميع نواحيها، ولا شكّ أنّ هذه الوظيفة من أهم الوظائف الإجتماعية للغة. كما أنّ من وظائفها الإجتماعية اتخاذها أداة للدعاية, فالخطب والمقالات والنشرات والإذاعة كلها وسائل لغوية للدعاية الّتي أصبح لها شأن خطير في الحياي الحياة الإنسانية.
ولنسا في حاجة إلى التوسع في بيان قيمة اللغة، إنّها – إلى جانب كلّ ماذكرنا – عامل هام في حفظ التراث الثقافي والحضاري، وهي الرابطة القوية الّتي تربط المتكلمين بها بعضهم ببعض مهما اختلفت بيئاتهم وتباعدت ديارهم،فتسير أسباب التفاهم والمحبة بينهم، وتوحد كلمتهم، وتوجه خير توجيه حىكاتهم السيا سية والإجتماعية والروحية، وتجعلهم يدأ واحدة على أعدائهم، لذا كان من الظروري لكلّ أمة ناشئة تريد أن تتبوأ منزلة سامية بين الأمم الراقبة أن تعنى بلغتها وأن تعمل على تعليمها تعليما صحيحا يرمي إلى الإفادة من وظائفها المختلفة في حياة الفرد والمجتمع.
فما هي نظرة التربية إلى تعليم اللغة ؟
لقد ظلت التربية في العصور القديمة تنظر إلى اللغة على أنها مادة دراسية تعلم لذاتها, وقد غالت تلك التربية القديمة التقليدية في هذه النظرة و اهملت كثيرا من النواحي الوظيفية للغة.
وقد نشأ عن هذه النظرة القديمة كثير من الأخطاء يرجع بعضها إلى المناهج الدراسية و بعضها إلى طرائق التدريس, و بعضها إلى تحديد الغاية من درس اللغة...

Sesungguhnya Bahasa sangat fungsional dalam kehidupan individu, bahasa juga dipergunakan seseorang untuk mengungkapkan baik apa yang mereka rasakan dan mereka pikirkan, dan juga sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan yang lain, dengan komunikasi ini maapu mewujudkan sebuah aspirasi dan kebutuhan yang ia inginkan dan bahasa menciptakan banyak kesempatan individu untuk memanfaatkan waktu kosong dengan membaca yang akan membuatnya mengetahui alam sekitar maka bertambahlah pengetahuan dan kuslitas intelektual, sebagaimana mendapatkan ketenangan spiritual melalui rasa estetika efek sebuah sastra. Dan bahasa harus menyesuaikan pemikiran dan akurasi, karena berpikir tidak dapat dilakukan tanpa menggunakan petunjuk verbal pada arti tertentu, sehingga dikatakan bahwa pemikiran adalah kata-kata yang bersumber dari diri sendiri, dan kalam merupakan pemikiran yang terucapkan. Salah satu tujuan dari bahasa sebagai sarana penyebaran budaya di antara anggota bangsa dan menstransfer nya dari dahulu sampai sekarang, maka itu adalah alat pertama yang sangat baik untuk pendidikan, maka bahasa dipergunakan manusia dari pergaulan dalam kehidupan bangsa, dan pengetahuan bahasa dapat menstransfer pengetahuan dari satu orang ke orang lain dan generasi ke generasi.
Bahasa memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat ; sebuah alat yang dipergunakan antara individu dan kelompok untuk saling memahami, dan bahasa itu merupakan alat seseorang dalam menghadapi banyak situasi yang membutuhkan berbicara, pendengaran, tulisan, atau bacaan , dan empat seni ini adalah alat penting dalam pemahaman yang lengkap dari semua aspek, tidak diragukan lagi bahwa fungsi bahasa itu fungsi yang paling penting. Sebagaimana fungsinya didalam masyarakat sebagai sebuah alat propaganda, khotbah, artikel , brosur dan radio dan semuanya ini sarana bahasa dalam membuat sebuah propaganda yang akan menjadi urusan yang serius dalam kehidupan manusia
Selanjutnya, perlu sekali menguraikan nilai bahasa, itu – disamping itu sebagaimana yang telah kita pelajari - bahasa itu merupakan faktor penting dalam pelestarian warisan budaya dan peradaban, sebuah pengikat yang kuat yang menghubungkan pembicara satu sama lain tanpa memperdulikan perbedaan lingkungan mereka dan letak rumah mereka yang berjauhan, maka muncullah sebab-sebab pemahaman dan rasa cin ta diantara mereka, dan menyatukan pembicaraan mereka dan menciptakan sebuah pergerakan akan Hak-hak Politik, sosial, dan spiritual, dan membuat mereka saling melakukan persaingan. , jadi bahaya setiap bangsa adalah inginnya menduduki status yang tinggi antara suku bangsa dan dengan bahasa itu mampu mengajarkan dengan pengajaran pendidikan yang benar dan bertujuan untuk mendapatkan manfaat dari berbagai fungsi dalam kehidupan individu dan masyarakat.
Apakah pandangan Pendidikan terhadap pengajaran bahasa?
Pendidikan telah di zaman dahulu yang memandang bahasa sebagai materi pelajaran yang diajarkan dan pendidikan pada saat itu terlalu statis dan mengabaikan banyak aspek fungsional bahasa.
Dan Muncullah banyak kesalahan dari pandangan lama karena beberapa metode kurikulum dan pengajaran termuat dalam satu metode , dan beberapa dari mereka untuk membatasi tujuan belajar bahasa ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar