Rabu, 06 Juni 2012

MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB IAIN RADEN FATAH PALEMBANG


MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
(Soal-Soal Dan Jawaban Ekstraksi Makalah)
 
 
 
 
 
 
 




Disusun Oleh:
Amran Marhamid (09260003)
 
Dosen Pembimbing:
Sasi Mawardah, M.Pd.I
 
JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB
FAKULTASTARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) RDEN FATAH PALEMBANG
1433 H
 



(Makalah Kelompok 1)
1.      Jelaskan konsep dasar teknologi pendidikan secara rinci ?
Pengertian teknologi secara umum adalah proses untuk meningkatkan nilai tambah; produk yang digunakan atau dihasilkan untuk memudahkan dan meningkatkan kinerja; struktur atau sistem di mana proses dan produk itu dikembangkan dan digunakan.Secara falsafi, dasar keilmuan itu meliputi: ontologi, epistemologi, dan aksiologi.
Gejala yang merupakan landasan ontologi teknologi pendidikan adalah :
a.       Adanya sejumlah besar orang yang belum terpenuhi kesempatan belajarnya, baik yang diperoleh melalui suatu lembaga khusus, maupun diperoleh secara mandiri.
b.    Adanya berbagai sumber baik yang telah tersedia maupun yang dapat direkayasa, tetapi belum dapat dimanfaatkan untuk keperluan belajar.
c.  Perlu adanya pengelolaan atas kegiatan khusus dalam mengembangkan dan memanfaatkan sumber untuk belajar tersebut secara efektif, efisien, dan selaras.
Adapun cara untuk mengatasi masalah-masalah belajar itu ialah melalui pendekatan yang merupakan landasan epistemologi dari teknologi pendidikan berikut ini
a.  Pendekatan isomorfis, yaitu menggabungkan berbagai kajian atau bidang keilmuan (psikologi, komunikasi, ekonomi, manajemen, rekayasa teknik, dan lain-lain) ke dalam   suatu kebulatan tersendiri.
b.  Pendekatan sistematik, yaitu dengan cara yang berurutan dan terarah dalam usaha memecahkan persoalan.
c.  Pendekatan sinergistik, yaitu yang menjamin adanya nilai tambah dari keseluruhan kegiatan dibandingkan dengan bila kegiatan itu dijalankan sendiri-sendiri.
d.      Sistemik, yaitu pengkajian secara menyeluruh atau komprehensif.
sedangkan  landasan aksiologi teknologi pendidikan adalah sebagai berikut
a.       Meningkatkan produktivitas pendidikan
b.      Memperlaju penahapan belajar
c.       Membantu guru untuk menggunakan waktunya dengan lebih baik.
d.      Mengurangi beban guru dalam menyajikan informasi.
Selanjutnya, Ada beberapa pengertian mengenai teknologi pendidikan yaitu anata lain :
a.       Merupakan pengembangan, penerapan dan penilaian sistem-sistem, teknik dan alat Bantu untuk memperbaiki dan meningkatkan proses belajar siswa.
b.      Yaitu pemikiran yang sistematis dan kritis tentang pendidikan.
c.       Menurut Webster Dictionary mengatakan bahwa teknologi pendidikan yaitu sebagai pegangan atau pelaksanaan pendidikan secara sistematis, menurut system tertentu yang akan dijelaskan kemudian.
2.      Jelaskan penerapan teknologi pendidikan secara rinci ?
Sebagaimana yang telah kita ketahui dari berbagai literatu r yang berkaitan dengan teknologi pendidikan, jika Teknologi pendidikan merupakan suatu disiplin terapan, artinya ia berkembang karena adanya kebutuhan di lapangan, yaitu kebutuhan untuk belajar, belajar lebih efektif, lebih efisien, lebih banyak, lebih luas, lebih cepat, dan sebagainya. Beberapa bentuk penerapan teknologi pendidikan secara menyeluruh, yaitu meliputi semua komponen dan karena itu merupakan sistem.
Dan selanjutnya, Perkembangan yang sangat penting dari teknologi pendidikan tetapi sering kali diacuhkan ialah bahwa ia berusaha memecahkan masalah belajar pada manusia di mana saja, kapan saja, dengan cara apa saja, dan oleh siapa saja. Apa yang telah berlangsung selama ini, terutama di Indonesia, masih menitikberatkan pada pemecahan masalah dalam bidang persekolahan. Jadi penerapan teknologi yang pastinya harus memperharikan setiap aspek-aspekyang terlibat didalam proses pendidikan.
(Makalah Kelompok 2)
3.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan teknologi pendidikan sebagai pendekatan
Pendekatan pembelajaran dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu. Dilihat dari pendekatannya, pembelajaran terdapat dua jenis pendekatan, yaitu:
a.  pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach) dan
b.  pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada guru (teacher centered approach).
4.      Jelaskan peranan teknologi pendidikan sebagai pendekatan dalam problematika pendidikan?
Sebelum menjurus kepada peranan teknologi pendidikan terhada problematika pendidikan yang ada, alangka baiknya kita terebih dahulu mentabulasi problematika itu sendiri.
a.       Problem-problem pendidikan aktual:
·   Problem Mikro Pendidikan adalah sulit mempelajari konsep yang abstrak, sulit membayangkan peristiwa yang telah lalu, sulit mengamati sesuatu obyek yang terlalu kecil/besar, sulit memperoleh pengalaman langsung, sulit memahami pelajaran yang diceramahkan, sulit untuk memahami konsep yangg rumit, dan terbatasnya waktu untuk belajar.
·      Problem Makro Pendidikan adalah pendidikan belum mampu memberikan kesempatan belajar yang merata pada struktur hirarki pendidikan, terbatasnya kualitas pendidikan, dan terjadinya tidak sinergitas antara pendidikan sekolah dengan dunia sekitar serta belum sesuainya dengan perkembangan IPTEK.
b.      Identifikasi problem-problem pendidikan aktual
Rendahnya sarana fisik, rendahnya kualitas guru, sarana & prasarana yang kurang mendukung, gaji guru, kekurangan guru, mahalnya biaya pendidikan, letak geografis, rendahnya prestasi siswa, kurangnya pemerataan kesempatan pendidikan, pendidikan dijadikan komoditas politik, trial & eror kurikulum, motivasi pendidikan masyarakat rendah, akses informasi pendidikan kurang, relevansi pendidikan dengan kebutuhan (dunia kerja), paradigma pendidikan, pemerintah belum melaksanakan amanat uu (anggaran 20% dari APBN), fasilitas sekolah timpang antar daerah, evaluasi (UN), link antara sekolah dengan sekolah nyata.
Dari semua tabulasi permasalahan diatas dapat kita simpulkan jika peranan teknologi pendidikan : Pertama, dari segi probelm micro pendidikan. Dengan teknologi diharapkan dapat peserta didik mampu mencena materi ajar dengan tipe belajar mereka (visual, audi,dan audio visual) serta efisesnsi waktu. Kedua, dari segi makro pendidikan. Mampu mengatasi keterbatasan informasi mengenai informasipendidikan terkini, dan pekanya masyarakat sekolah dengan perkembangan atau gejala disekitar  komunitas sekolah dan merupakan solusi dalam menyiasati ketidakjelasan anggaran pendidikan yang besar dari segi penganggaran tapi kecil dalam pemerataannya.

(Makalah Kelompok 3)
5.      Jelaskan pengertian media pembelajaran baik secara etimoligi maupun terminologi ?
Media pembelajaran secara umum adalah alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan pebelajar  sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Batasan ini cukup luas dan mendalam mencakup pengertian sumber, lingkungan, manusia dan metode yang dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran / pelatihan.
Sedangkan menurut Briggs (1977) media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya. Kemudian menurut National Education Associaton(1969) mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras.
6.      Jelaskan bagaimana kriteria dalam memilih media pembelajaran ?
Secara umum sebelum seorang guru mengembangkan proses belajar mengajar, sebuah keniscayaan bagi mereka untuk mengikuti tahap-tahap berikut:
1.      Tahap eksplorasi
2.      Tahap pengenalan konsep
3.      Tahap mengaplikasikan konsep
Selanjutnya, Adapun kriteria pemilihan media pembelajaran. Adalah
1.  Menunjang tercapainya tujuan pembelajaran, Media pembelajaran yang akan digunakan sedapat mungkin dapat membantu dan mempermudah dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
2.      Media yang dipilih hendaknya selalu disesuaikan dengan kemampuan siswa. Dan Media yang digunakan hendaknya tepat guna artinya dapat mempermudah siswa untuk memahami materi pelajaran yang dipelajari
3.      Media yang dipilih hendaknya memang tersedia, artinya tersedia alat/bahannya atau tersedia waktu untuk mempersiapkan dan mempergunakannya.
4.      Media yang dipilih hendaknya disenangi oleh guru dan siswa. Dan Persiapan dan penggunaan media hendaknya disesuaikan dengan biaya yang tersedia.
5.      Kondisi fisik lingkungan turut mempengaruhi media. Oleh karena itu, perlu diperhatikan baik-baik kondisi lingkungan pada saat merencanakan penggunaan media


(Makalah Kelompok 4)
7.      Jelaskan pengertian teknologi komunikasi pendidikan?
Teknologi komunikasi merupakan suatu hasil pemikiran dan hasil karya manusia yang    diaplikasikan untuk menghubungkan proses komunikasi antarmanusia. Melihat pengertian tersebut banyak sekali teknologi komunikasi yang berkembang dimasyarakat, salah satunya adalah teknologi komunikasi pendidikan.
Jadi dari definisi ini, maka   Teknologi Komunikasi Pendidikan merupakan kajian yang mempelajari tentang pemahaman dan penguasaan pengetahuan dan keterampilan dalam menganalisis konsep teknologi komunikasi dalam pendidikan, mengadopsi hasil inovasi teknologi komunikasi dalam mengembangkan pendidikan dan pembelajaran, serta mampu menerapkan konsep dan prinsip serta cara kerja hasil inovasi di bidang teknologi komunikasi dalam dunia pendidikan dan desain pembelajaran. Teknologi komunikasi dalam teknologi pembelajaran merupakan pemanfaatan teknologi komunikasai oleh guru/pengajar dan siswa/pelajar, dimana teknologi yang berkembag dalam penerapan model pembelajaran berbasis TIK adalah pembelajaran elektronik (e-learning).
8.      Jelaskan manfaat teknologi komunikasi terhadap pendidikan ?
Pemanfaatan TIK dalam pendidikan, akan mengatasi masalah sebagai berikut:
a.       Masalah geografis, waktu dan sosial ekonomis Indonesia
b.      Negara Republik Indonesia merupakan Negara kepulauan, daerah tropis dan pegunungan hal ini akan mempengaruhi terhadap pengembangan infrastruktur pendidikan sehingga dapat menyebabkan distribusi informasi yang tidak merata.
c.  Mengurangi ketertinggalan dalam pemanfaatan TIK dalam pendidikan dibandingkan dengan negara berkembang dan negara maju lainnya.
d.    Akselerasi pemerataan kesempatan belajar dan peningkatan mutu pendidikan yang sulit ditasi dengan cara-cara konvensional
e.   Peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pengembangan dan pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi.
f.    TIK akan membantu kinerja pendidikan secara terpadu sehingga akan terwujud manajemen yang efektif dan efisien, transparan dan akuntabel.

(Makalah Kelompok 5)
9.      Jelaskan kriteria penggunan media pendidikan?
Sebagaiman yang telah kita pahami besama, jika Media pembelajaran yang baik harus memenuhi beberapa syarat. Dimana Media pembelajaran harus meningkatkan motivasi pembelajaran. Penggunaan media mempunyai tujuan memberikan motivasi kepada pembelajar. Selain itu media juga harus merangsang pembelajar mengingat apa yang sudah di pelajari selain memberikan rangsangan belajar baru. Media yang baik juga akan mengaktifkan pembelajar dalam memberikan tanggapan, umpan balik dan juga mendorong mahasiswa untuk melakukan praktik – praktik dengan benar.
Ada beberapa kriteria untuk menilai keefektifan sebuah media. Hubbard mengusulkan Sembilan kriteria untuk menilainya (Hubband, 1983 ) yaitu biaya, Biaya memang harus dinilai dengan hasil yang akan dicapai dengan penggunaan media itu. Ketersediaan fasilitas pendukung seperti listrik, kecocokan dengan ukuran kelas, keringkasan, kemampuan untuk diubah, waktu dan tenaga penyiapan, pengaruh yang ditimbulkan, kerumitan dan yang terahir adalah kegunaan. Media diartikan sebagai perantara yakni segala sesuatu yang menjadi perantara tersampainya pesan. Media atau alat dalam pembelajaran bahasa adalah segala alat yang dapat digunakan oleh guru dan siswa untuk mencapai tujuan – tujuan yang sudah di tentukan. Pemilihan media ini sangat terkait dengan materi dan metode yang di gunakan oleh guru. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih dan menggunakan media untuk pembelajaran di antaranya :
a.       manfaat dan kegunaan media tersebut
b.      topik – topik dan tujuan instruksionalnya
c.       alokasi waktu yang tersedia
d.      situasi dan lingkungan peserta
e.       kemampuan menggunakan media
Selain itu beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan media yakni, manusia. Dalam hal ini  kemampuan yang dimilikinya
a.       kognitif ( pengetahuan intelektual ) / kwoledge
b.      Afektif ( nilai, sikap, perasaan )
c.       Psikomotorik ( ketrampilan kerja dengan koordinasi )
10.  Jelaskan pengertian media pendidikan secara terminologi?
Kata media berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari kata “medium” yang secara herfiah berarti perantara. Jadi media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim kepenerima pesan. Sedangkan menurut Azhar Arsyad kata media berasal dari bahasa latin medius, yang secara harfia berarti tengan, perantara atau pengantar. Dalam bahasa arab, media adalah perantara (waasaailah) atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan. Sedangkan menurut Gagne  menyatakan bahba media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsang utuk belajar.
Jadi dari pengertian media diatas dapat kita Simpulkan media pendidikan adalah alat Bantu atau alat komunikasi untuk menyampaikan pesan-pesan pendidikan pada  peserta didik agar dapat lebih menyenagkan dalam proses belajar mengajar.

(Makalah Kelompok 6)
11.  Sebutkan jenis-jenis media pengajaran  dilihat dari daya liputnya?
a.      Media dengan daya liput luas dan serentak
Penggunaan media ini tidak terbatas oleh tempat dan ruang serta dapat menjangkaujumlah anak didik yang banyak dalam waktu yang sama.seperti radio dan televisi serta internet
b.      Media dengan daya liput terbatas oleh ruang dan tempat
Media ini dalam penggunaannya membutuhkan ruang dan tempat yang khusus seperti film sound slides film rangkai, yang harus menggunakan empat tertutupdan gelap.
c.       Media untuk pembelajaran invidual
Media ini penggunaannya hanya untuk seorang diri.termasuk media ini adalah modul berprogram dan pengajaran melalui komputer.
12.  Jelaskan peranan dan manfaat media pengajaran dalam proses pembelajaran ?
Dalam pelaksanaan proses belajar mengajar, dua hal yang teramat penting adalah metode mengajar yang digunakan serta dukungan dari media pengajaran. Kedua aspek tersebut saling terkait datu sama lain. Pemilihan metode pengajaran sangat mempeengaruhi media pengajran yang digunakan. Hal tersebut berarti bahwa pemilihan media pengajaran harus didasarkan pada metode pengajaran yang digunakan. Fungsi dan Manfaat Media Pengajaran yang digunakan sebagai alat bantu dalam peroses belajar mengajar berfungsi untuk: “membangkitkan keinginan dan minat baru , membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar dan bahkan membawa pengaruh psikologis terhadap siswa”. Dengan demikian penggunaan media pengajaran dapat membawa manfaat besar terhasap keberhasilan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kelas.
Fungsi dan Manfaat Media Pengajaran menurut Levie dan Lentz (dalam Arsyad, 2002) khususnya media visual adalah:
a.  fungsi atensi yaitu menarik dan mengarahkan  perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pengajaran yang berkaitan dengan makna visual yang ditampilkan
b.      fungsi afektif yang dapat mengubah emosi dan sikap siswa
c.   fungsi kognitif yang memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi atau pesan yang terkandung dalam gambar, dan
d.    kompensatoris yaitu memberikan  konteks untuk memahami teks dan memabantu siswa yang lemah dalam membaca dan mengorganisasikan informasi.

(Makalah Kelompok 7)
13.  Jelaskan Pengertia Produksi Media Pendidikan?
Produksi media pendidikan merupakan segala upaya yang dilakukan untuk menciptakan dan mengolah (produksi) media (benda visual maupun non visual) dengan cara mempergunakan segala sumber daya (tenaga, pikiran, dan dana) dalam upaya menciptakan proses pendidikan yang efektif dan inovatif dan tercapainya tujuan pendidikan.
14.  Sebutkan dan jelaskan jenis produksi media pendidikan berupa gambar (non elektronic)?
a.       Media gambar cetak
Adalah media gambar dengan menggunakan media gambar yang paling sederhana sampai dengan yang paling modern. Untuk memproduksi media gambar yang paling sederhana, membuatnya cukup dengan karton pinsil dan gunting caranya dengan membentuk gambar rambu-rambu lalulintas lalu digunting. Sedangkan, Untuk cara yang semi modern kita dapat mensablon gambar tentu saja kita harus datang ke tempat penyablonan karena butuh alat khusus dan keahlian untuk menyablon. Selain itu, Untuk cara yang paling modern juga kita dapat mempergunakan kamera digital yang memiliki relsolusi Pixel yang tinggi untuk memotret gambar-gambar yang ingin dijadikan media, kita transfer data ke komputer lalu kita edit sesuai dengan keinginan kita selanjutnya dicetak. Atau cara yang paling efektif yaitu mengumpulkan gambar-gambar yang dapat dijadikan media pengajaran dari berbagai majalah, koran dan lain-lain lalu dibuat kliping.
b.      Media gambar/foto
Foto merupakan media reproduksi bentuk asli dalam dua dimensi foto ini merupakan alat visual Yang efektif karena dapat divisualisasikan sesuatu yang akan dijelaskan dengan lebih konkrit dan realistis. Informasi yang disampaikan dapat dimengerti dengan mudah karena hasil yang diragakan lebih mendekati kenyataan melalui foto yang diperlihatkan kepada anak-anak, dan hasil yang diterima anak-anak akan sama. Foto ini dapat mengatasi ruang dan waktu. Sesuatu yang terjadi di tempat yang lain dapat dilihat dari orang yang berda jauh dari tempat kejadian dalam bentuk setelah kejadian itu berlalu. Beberapa alasan penggunaan foto sebagai media pengajaran sebagi berikut:
·  Bersifat konkrit, para siswa akan dapat melihat dengan jelas sesuatu yang sedang dibicarakan atau didiskusikan.
·       Dapat mengatasi batas waktu dan ruang, melalui gambar dapat diperlihatkan kepada siswa foto-foto benda yang jauh atau yang terjadi beberapa waktu yang lalu.
·   Dapat mengatasi kekurangan daya mampu panca indra manusia. Misalnya benda-benda kecil yang tak dapat dilihat dengan mata dan diperbesar hingga dapat dilihat dengan jelas.
·       Dapat digunakan duntuk menjelaskan suatu masalah.

(Makalah Kelompok 8)
15.  Sebutkan dan jelaskan macam- macam produksi media pendidikan elektronic?
a.      Komputer
komputer yaitu alat elektronik yang dapat mengolah data dengan perantaraan program dan memberikan hasil pengolahan. Sekarang bagaimana komputer bila digunakan dalam dunia pendidikan. Kelebihan-kelebihan menggunakan komputer sebagai media pendidikan antara lain:
·         Tutorial. Program pengajaran tutorial dengan bantuan komputer meniru sistem tutor yang dilakukan oleh guru atau instruktur.
·         Drills and Practice (Latihan).
·         Simulasi. Program simulasi dengan bantuan komputer mencoba untuk menyamai proses dinamis yang terjadi di dunia nyata
·         Permainan instruksional.
·         Sangat fleksibel dalam mengajar dan dapat diatur menurut keinginan penulis pelajaran atau penyusunan kurikulum.  Dan dapat menilai hasil setiap pelajar dengan segera.
b.      Overhead Projector (OHP)
OHP merupakan salah satu teknologi yang digunakan di kelas. Pendidik dapat mempresentasikan pelajaran menggunakan transparansi berwarna dan bermakna yang bisa menarik perhatian Peserta didik dengan segara. Beberapa kelebihan OHP dalam pembelajaran antara lain :
·         Praktis, karena dapat dipergunakan untuk semua ukuran kelas atau ruang.
·         Memberi kemungkinan tatap muka dan mengamati respons dari penerima pesan (siswa).
·         Memberi kemungkinan pada penerima pesan (siswa) untuk mencatat.
·         Mempunyai variasi teknik penyajian yang menarik dan tidak membosankan.
·         Memungkinkan penyajian dengan berbagai alternatif kombinasi warna.
c.       Radio
Radio Sebagai suatu media radio mempunyai beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan media yang lain, yaitu:
·         Harganya relatif murah dan variasi programnya lebih banyak daripada TV.
·         Sifatnya mudah dipindahkan (mobile).
·         Jika digunakan bersama-sama dengan alat perekam radio bisa mengatasi problem jadwal.
·         Radio dapat mengembangkan daya imajinasi anak.
·         Dapat merangsang partisipasi aktif daripada pendengar. Sambil mendengarkan, siswa boleh menggambar, menulis, melihat peta, menyanyi ataupun menari.
4.      Closed Circuit Television (CCTV)
CCTV merupakan alat pendidikan yang banyak digunakan disekolah maupun di perguruan tinggi. CCTV harus ditangani sendiri oleh staf lembaga pendidikan yang bersangkutan, walaupun mereka bukan ahli dalam bidang siaran, staf pengajar akan turut dilibatkan dalam perencanaan keseluruhan program dalam persiapannya maupun penyiarannya. CCTV mempunyai potensi yang sama seperti film dan TV. Akan tetapi, dapat menyesuaikan program dengan kebutuhan sekolah.
16.  Sebutkan kelemahan-kelemahan dari media elektronik ?
a.       Komputer
·         Terikat oleh tempat atu tidakflexibel secarapengaplikasiaan
·         Tidak semua pengajar dan peserta didik mampu mennggunakannya, sehingga berimbas kepada tercapainya proses pembelajaran
·         Penggunaan sebuah program komputer biasanya memerlukan perangkat keras dengan spesifikasi yang sesuai
·         Dan tingginya biaya pengadaan dan pengembangan program komputer, terutama yang dirancang khusus untuk maksud pembelajaran. Disamping itu, pengadaan, pemeliharaan, dan perawatan komputer yang meliputi perangkat keras
b.      Overhead Projector (OHP)
Media ini memerlukan perangkat keras yang khusus untuk memproyeksikan pesan yang ada pada transparan. Memerlukan persiapan yang matang dan terencana, terutama bila dipergunakan teknik-teknik penyajian yang kompleks, Dalam penggunaannya diperlukan keterampilan khusus, Menuntut penataan ruang yang baik. Dan  Menuntut perhatian untuk menghilangkan distorsi (pemutar balikkan fakta) proyeksi.
c.        Radio
·         Sifat komunikasinya hanya satu arah.
·         Biasanya siarannya disentralisasikan sehingga guru tak dapat mengontrolnya.
·         Penjadwalan pelajaran dan siaran sering menimbulkan masalah. Integrasi siaran radio ke dalam kegiatan belajar mengajar di kelas seringkali menyulitkan
d.      Closed Circuit Television (CCTV)
·         CCTV harus ditangani sendiri oleh staf lembaga pendidikan yang bersangkutan, walaupun mereka bukan ahli dalam bidang siaran, staf pengajar akan turut dilibatkan dalam perencanaan keseluruhan program dalam persiapannya maupun penyiarannyatidakseperti TV padaumumnya
·         Pendanaan yangcukup besar

(Makalah Kelompok 9)
17.  Jelaskan pengertian media audio visual?
Hamalik dalam Moedjiono & Suprijanta, 1986). Rohani (dalam Harmawan, 2007) mengemukakan bahwa “media audio visual adalah media instruksional modern yang sesuai dengan perkembangan zaman (kemajuan ilmu pengetahuan, dan teknologi) meliputi media yang dapat dilihat dan didengar)”. Jadi dapat disimpulkan, jia media pembelajaran adalah alat / perantara yang dapat digunakan untuk mengkomunikasikan materi pelajaran kepada para siswa agar mereka dapat mencapai tujuan dari proses belajar mengajar.
18.  Sebutkan dan jelaskan jenis media audio visual secara umum?
Secara lebih spesifik, audio visual terbagi dua media audio- visual diam dab besuara. Media audiovisual diam adalah media yang penyampaian pesannya dapat diterima oleh indera pendengaran dan indera pengelihatan, akan tetapi gambar yang dihasilkannya adalah gambar diam atau sedikit memiliki unsur gerak. Jenis media ini antara lain media sound slide (slide suara), film strip bersuara, dan halaman bersuara.
Sedangkan audio visualbersuara merupakan suatu inovasi dalam pembelajaran yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran dan efektif membantu siswa dalam memahami konsep yang abstrak menjadi lebih konkrit (mengkonkritkan suatu yang bersifat abstrak). Dengan menggunakan slide bersuara sebagai media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat menyebabkan semakin banyak indra siswa yang terlibat ( visual, audio). Dengan semakin banyaknya indra yang terlibat maka siswa lebih mudah memahami suatu konsep (pemahaman konsep semakin baik). Slide bersuara dapat dibuat dengan menggunakan gabungan dari berbagai aplikasi komputer seperti: power point, camtasia, dan windows movie maker.










 WALLAHUA'LAM BISHAWWAB
 
 
 


 
 
 
 
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar