MEDIA
PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
(Soal-Soal
Dan Jawaban Ekstraksi Makalah)
Disusun
Oleh:
Amran
Marhamid (09260003)
Dosen
Pembimbing:
Sasi
Mawardah, M.Pd.I
JURUSAN
PENDIDIKAN BAHASA ARAB
FAKULTASTARBIYAH
INSTITUT
AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) RDEN FATAH PALEMBANG
1433
H
(Makalah Kelompok 1)
1.
Jelaskan
konsep dasar teknologi pendidikan secara rinci ?
Pengertian teknologi
secara umum adalah proses untuk meningkatkan nilai tambah; produk yang
digunakan atau dihasilkan untuk memudahkan dan meningkatkan kinerja; struktur
atau sistem di mana proses dan produk itu dikembangkan dan digunakan.Secara
falsafi, dasar keilmuan itu meliputi: ontologi,
epistemologi, dan aksiologi.
Gejala yang merupakan landasan ontologi teknologi pendidikan
adalah :
a. Adanya
sejumlah besar orang yang belum terpenuhi kesempatan belajarnya, baik yang
diperoleh melalui suatu lembaga khusus, maupun diperoleh secara mandiri.
b. Adanya
berbagai sumber baik yang telah tersedia maupun yang dapat direkayasa, tetapi
belum dapat dimanfaatkan untuk keperluan belajar.
c. Perlu
adanya pengelolaan atas kegiatan khusus dalam mengembangkan dan memanfaatkan
sumber untuk belajar tersebut secara efektif, efisien, dan selaras.
Adapun cara untuk
mengatasi masalah-masalah belajar itu ialah melalui pendekatan yang merupakan landasan epistemologi dari teknologi
pendidikan berikut ini
a. Pendekatan isomorfis, yaitu menggabungkan
berbagai kajian atau bidang keilmuan (psikologi, komunikasi, ekonomi,
manajemen, rekayasa teknik, dan lain-lain) ke dalam suatu kebulatan tersendiri.
b. Pendekatan sistematik, yaitu dengan cara yang
berurutan dan terarah dalam usaha memecahkan persoalan.
c. Pendekatan
sinergistik, yaitu yang menjamin adanya nilai tambah dari keseluruhan kegiatan
dibandingkan dengan bila kegiatan itu dijalankan sendiri-sendiri.
d. Sistemik,
yaitu pengkajian secara menyeluruh atau komprehensif.
sedangkan landasan
aksiologi teknologi pendidikan adalah sebagai berikut
a. Meningkatkan produktivitas pendidikan
b. Memperlaju
penahapan belajar
c. Membantu
guru untuk menggunakan waktunya dengan lebih baik.
d. Mengurangi
beban guru dalam menyajikan informasi.
Selanjutnya, Ada beberapa pengertian mengenai teknologi pendidikan
yaitu anata lain :
a.
Merupakan
pengembangan, penerapan dan penilaian sistem-sistem, teknik dan alat Bantu
untuk memperbaiki dan meningkatkan proses belajar siswa.
b.
Yaitu pemikiran
yang sistematis dan kritis tentang pendidikan.
c.
Menurut Webster
Dictionary mengatakan bahwa teknologi pendidikan yaitu sebagai pegangan atau
pelaksanaan pendidikan secara sistematis, menurut system tertentu yang akan dijelaskan
kemudian.
2. Jelaskan penerapan teknologi pendidikan
secara rinci ?
Sebagaimana yang
telah kita ketahui dari berbagai literatu r yang berkaitan dengan teknologi
pendidikan, jika Teknologi pendidikan merupakan suatu disiplin terapan, artinya
ia berkembang karena adanya kebutuhan di lapangan, yaitu kebutuhan untuk
belajar, belajar lebih efektif, lebih efisien, lebih banyak, lebih luas, lebih
cepat, dan sebagainya. Beberapa bentuk penerapan teknologi pendidikan secara
menyeluruh, yaitu meliputi semua komponen dan karena itu merupakan sistem.
Dan
selanjutnya, Perkembangan yang sangat penting dari teknologi
pendidikan tetapi sering kali diacuhkan ialah bahwa ia berusaha memecahkan
masalah belajar pada manusia di mana saja, kapan saja, dengan cara apa saja,
dan oleh siapa saja. Apa yang telah berlangsung selama ini, terutama di
Indonesia, masih menitikberatkan pada pemecahan masalah dalam bidang
persekolahan. Jadi penerapan teknologi yang pastinya harus memperharikan setiap
aspek-aspekyang terlibat didalam proses pendidikan.
(Makalah Kelompok 2)
3.
Jelaskan
apa yang dimaksud dengan teknologi pendidikan sebagai pendekatan
Pendekatan
pembelajaran dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses
pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang
sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan,
dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu. Dilihat dari
pendekatannya, pembelajaran terdapat dua jenis pendekatan, yaitu:
a. pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau
berpusat pada siswa (student centered approach) dan
b. pendekatan
pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada guru (teacher centered
approach).
4.
Jelaskan
peranan teknologi pendidikan sebagai pendekatan dalam problematika pendidikan?
Sebelum
menjurus kepada peranan teknologi pendidikan terhada problematika pendidikan
yang ada, alangka baiknya kita terebih dahulu mentabulasi problematika itu
sendiri.
a.
Problem-problem pendidikan
aktual:
· Problem Mikro Pendidikan adalah sulit mempelajari konsep
yang abstrak, sulit membayangkan peristiwa yang telah lalu, sulit mengamati
sesuatu obyek yang terlalu kecil/besar, sulit memperoleh pengalaman langsung,
sulit memahami pelajaran yang diceramahkan, sulit untuk memahami konsep yangg
rumit, dan terbatasnya waktu untuk belajar.
·
Problem Makro Pendidikan adalah pendidikan
belum mampu memberikan kesempatan belajar yang merata pada struktur hirarki
pendidikan, terbatasnya kualitas pendidikan, dan terjadinya tidak sinergitas
antara pendidikan sekolah dengan dunia sekitar serta belum sesuainya dengan
perkembangan IPTEK.
b.
Identifikasi problem-problem
pendidikan aktual
Rendahnya sarana fisik, rendahnya
kualitas guru, sarana & prasarana yang kurang mendukung, gaji guru, kekurangan
guru, mahalnya biaya pendidikan, letak geografis, rendahnya prestasi siswa,
kurangnya pemerataan kesempatan pendidikan, pendidikan dijadikan komoditas
politik, trial & eror kurikulum, motivasi pendidikan masyarakat rendah,
akses informasi pendidikan kurang, relevansi pendidikan dengan kebutuhan (dunia
kerja), paradigma pendidikan, pemerintah belum melaksanakan amanat uu (anggaran
20% dari APBN), fasilitas sekolah timpang antar daerah, evaluasi (UN), link
antara sekolah dengan sekolah nyata.
Dari semua tabulasi permasalahan
diatas dapat kita simpulkan jika peranan teknologi pendidikan : Pertama, dari
segi probelm micro pendidikan. Dengan teknologi diharapkan dapat peserta didik
mampu mencena materi ajar dengan tipe belajar mereka (visual, audi,dan audio
visual) serta efisesnsi waktu. Kedua, dari segi makro pendidikan. Mampu
mengatasi keterbatasan informasi mengenai informasipendidikan terkini, dan
pekanya masyarakat sekolah dengan perkembangan atau gejala disekitar komunitas sekolah dan merupakan solusi dalam
menyiasati ketidakjelasan anggaran pendidikan yang besar dari segi penganggaran
tapi kecil dalam pemerataannya.
(Makalah Kelompok 3)
5.
Jelaskan
pengertian media pembelajaran baik secara etimoligi maupun terminologi ?
Media pembelajaran secara umum
adalah alat bantu proses belajar mengajar. Segala
sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan
kemampuan atau ketrampilan pebelajar sehingga dapat mendorong terjadinya
proses belajar. Batasan ini cukup luas dan mendalam mencakup pengertian sumber,
lingkungan, manusia dan metode yang dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran / pelatihan.
Sedangkan menurut Briggs (1977) media
pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran
seperti : buku, film, video dan sebagainya. Kemudian menurut National
Education Associaton(1969) mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah
sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi
perangkat keras.
6. Jelaskan bagaimana kriteria dalam
memilih media pembelajaran ?
Secara umum sebelum seorang guru
mengembangkan proses belajar mengajar, sebuah keniscayaan bagi mereka untuk mengikuti
tahap-tahap berikut:
1. Tahap
eksplorasi
2.
Tahap pengenalan konsep
3.
Tahap mengaplikasikan konsep
Selanjutnya, Adapun
kriteria pemilihan media pembelajaran. Adalah
1. Menunjang tercapainya tujuan pembelajaran, Media
pembelajaran yang akan digunakan sedapat mungkin dapat membantu dan mempermudah
dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
2.
Media yang dipilih hendaknya selalu disesuaikan dengan
kemampuan siswa. Dan Media yang digunakan hendaknya tepat guna artinya dapat
mempermudah siswa untuk memahami materi pelajaran yang dipelajari
3.
Media yang dipilih hendaknya memang tersedia, artinya
tersedia alat/bahannya atau tersedia waktu untuk mempersiapkan dan
mempergunakannya.
4.
Media yang dipilih hendaknya disenangi oleh guru dan
siswa. Dan Persiapan dan penggunaan media hendaknya disesuaikan dengan biaya
yang tersedia.
5.
Kondisi fisik lingkungan turut mempengaruhi media.
Oleh karena itu, perlu diperhatikan baik-baik kondisi lingkungan pada saat
merencanakan penggunaan media
(Makalah
Kelompok 4)
7. Jelaskan pengertian teknologi komunikasi pendidikan?
Teknologi komunikasi merupakan suatu hasil pemikiran
dan hasil karya manusia yang diaplikasikan
untuk menghubungkan proses komunikasi antarmanusia. Melihat pengertian tersebut
banyak sekali teknologi komunikasi yang berkembang dimasyarakat, salah satunya
adalah teknologi komunikasi pendidikan.
Jadi
dari definisi ini, maka Teknologi Komunikasi Pendidikan merupakan
kajian yang mempelajari tentang pemahaman dan penguasaan pengetahuan dan
keterampilan dalam menganalisis konsep teknologi komunikasi dalam pendidikan,
mengadopsi hasil inovasi teknologi komunikasi dalam mengembangkan pendidikan
dan pembelajaran, serta mampu menerapkan konsep dan prinsip serta cara kerja
hasil inovasi di bidang teknologi komunikasi dalam dunia pendidikan dan desain
pembelajaran. Teknologi komunikasi dalam teknologi pembelajaran merupakan
pemanfaatan teknologi komunikasai oleh guru/pengajar dan siswa/pelajar, dimana
teknologi yang berkembag dalam penerapan model pembelajaran berbasis TIK adalah
pembelajaran elektronik (e-learning).
8. Jelaskan manfaat teknologi komunikasi terhadap
pendidikan ?
Pemanfaatan TIK dalam pendidikan, akan
mengatasi masalah sebagai berikut:
a. Masalah
geografis, waktu dan sosial ekonomis Indonesia
b. Negara
Republik Indonesia merupakan Negara kepulauan, daerah tropis dan pegunungan hal
ini akan mempengaruhi terhadap pengembangan infrastruktur pendidikan sehingga
dapat menyebabkan distribusi informasi yang tidak merata.
c. Mengurangi
ketertinggalan dalam pemanfaatan TIK dalam pendidikan dibandingkan dengan
negara berkembang dan negara maju lainnya.
d. Akselerasi
pemerataan kesempatan belajar dan peningkatan mutu pendidikan yang sulit ditasi
dengan cara-cara konvensional
e. Peningkatan
kualitas sumber daya manusia melalui pengembangan dan pendayagunaan teknologi
informasi dan komunikasi.
f. TIK
akan membantu kinerja pendidikan secara terpadu sehingga akan terwujud
manajemen yang efektif dan efisien, transparan dan akuntabel.
(Makalah Kelompok 5)
9.
Jelaskan
kriteria penggunan media pendidikan?
Sebagaiman
yang telah kita pahami besama, jika Media pembelajaran yang baik harus memenuhi
beberapa syarat. Dimana Media pembelajaran harus meningkatkan motivasi
pembelajaran. Penggunaan media mempunyai tujuan memberikan motivasi kepada
pembelajar. Selain itu media juga harus merangsang pembelajar mengingat apa
yang sudah di pelajari selain memberikan rangsangan belajar baru. Media yang
baik juga akan mengaktifkan pembelajar dalam memberikan tanggapan, umpan balik
dan juga mendorong mahasiswa untuk melakukan praktik – praktik dengan benar.
Ada
beberapa kriteria untuk menilai keefektifan sebuah media. Hubbard mengusulkan
Sembilan kriteria untuk menilainya (Hubband, 1983 ) yaitu biaya, Biaya memang
harus dinilai dengan hasil yang akan dicapai dengan penggunaan media itu. Ketersediaan fasilitas pendukung seperti
listrik, kecocokan dengan ukuran kelas, keringkasan, kemampuan untuk diubah,
waktu dan tenaga penyiapan, pengaruh yang ditimbulkan, kerumitan dan yang
terahir adalah kegunaan. Media diartikan sebagai perantara yakni segala
sesuatu yang menjadi perantara tersampainya pesan. Media atau alat dalam
pembelajaran bahasa adalah segala alat yang dapat digunakan oleh guru dan siswa
untuk mencapai tujuan – tujuan yang sudah di tentukan. Pemilihan media ini
sangat terkait dengan materi dan metode yang di gunakan oleh guru. Beberapa hal
yang perlu diperhatikan dalam memilih dan menggunakan media untuk pembelajaran
di antaranya :
a.
manfaat dan kegunaan media tersebut
b.
topik – topik dan tujuan instruksionalnya
c.
alokasi waktu yang tersedia
d.
situasi dan lingkungan peserta
e.
kemampuan menggunakan media
Selain itu
beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan media yakni, manusia.
Dalam hal ini kemampuan yang dimilikinya
a.
kognitif ( pengetahuan intelektual ) /
kwoledge
b.
Afektif ( nilai, sikap, perasaan )
c.
Psikomotorik ( ketrampilan kerja dengan
koordinasi )
10. Jelaskan pengertian media pendidikan
secara terminologi?
Kata media berasal dari bahasa latin dan merupakan
bentuk jamak dari kata “medium” yang secara herfiah berarti perantara.
Jadi media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim kepenerima
pesan. Sedangkan menurut Azhar Arsyad
kata media berasal dari bahasa latin medius, yang secara harfia berarti tengan,
perantara atau pengantar. Dalam bahasa arab, media adalah perantara
(waasaailah) atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan.
Sedangkan menurut Gagne menyatakan bahba media adalah berbagai jenis
komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsang utuk belajar.
Jadi dari pengertian media diatas
dapat kita Simpulkan media pendidikan adalah alat Bantu atau alat komunikasi
untuk menyampaikan pesan-pesan pendidikan pada peserta didik agar dapat
lebih menyenagkan dalam proses belajar mengajar.
(Makalah Kelompok 6)
11. Sebutkan jenis-jenis media pengajaran dilihat dari daya liputnya?
a. Media
dengan daya liput luas dan serentak
Penggunaan
media ini tidak terbatas oleh tempat dan ruang serta dapat menjangkaujumlah
anak didik yang banyak dalam waktu yang sama.seperti radio dan televisi serta
internet
b. Media
dengan daya liput terbatas oleh ruang dan tempat
Media
ini dalam penggunaannya membutuhkan ruang dan tempat yang khusus seperti film
sound slides film rangkai, yang harus menggunakan empat tertutupdan gelap.
c. Media
untuk pembelajaran invidual
Media
ini penggunaannya hanya untuk seorang diri.termasuk media ini adalah modul
berprogram dan pengajaran melalui komputer.
12. Jelaskan peranan dan manfaat media
pengajaran dalam proses pembelajaran ?
Dalam pelaksanaan proses belajar mengajar, dua hal yang teramat penting
adalah metode mengajar yang digunakan serta dukungan dari media pengajaran.
Kedua aspek tersebut saling terkait datu sama lain. Pemilihan metode pengajaran
sangat mempeengaruhi media pengajran yang digunakan. Hal tersebut berarti bahwa
pemilihan media pengajaran harus didasarkan pada metode pengajaran yang
digunakan. Fungsi dan Manfaat Media Pengajaran yang digunakan sebagai alat
bantu dalam peroses belajar mengajar berfungsi untuk: “membangkitkan keinginan
dan minat baru , membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar dan
bahkan membawa pengaruh psikologis terhadap siswa”. Dengan demikian penggunaan
media pengajaran dapat membawa manfaat besar terhasap keberhasilan pelaksanaan
kegiatan belajar mengajar di kelas.
Fungsi dan Manfaat Media Pengajaran menurut Levie dan Lentz (dalam Arsyad,
2002) khususnya media visual adalah:
a. fungsi atensi yaitu menarik dan
mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pengajaran
yang berkaitan dengan makna visual yang ditampilkan
b.
fungsi afektif yang dapat mengubah emosi
dan sikap siswa
c. fungsi kognitif yang memperlancar
pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi atau pesan yang
terkandung dalam gambar, dan
d. kompensatoris yaitu memberikan konteks untuk memahami teks dan
memabantu siswa yang lemah dalam membaca dan mengorganisasikan informasi.
(Makalah Kelompok 7)
13. Jelaskan Pengertia Produksi Media
Pendidikan?
Produksi
media pendidikan merupakan segala upaya yang dilakukan untuk menciptakan dan
mengolah (produksi) media (benda visual maupun non visual) dengan cara
mempergunakan segala sumber daya (tenaga, pikiran, dan dana) dalam upaya
menciptakan proses pendidikan yang efektif dan inovatif dan tercapainya tujuan
pendidikan.
14. Sebutkan dan jelaskan jenis produksi media
pendidikan berupa gambar (non elektronic)?
a. Media
gambar cetak
Adalah
media gambar dengan menggunakan media gambar yang paling sederhana sampai dengan
yang paling modern. Untuk memproduksi media gambar yang paling sederhana,
membuatnya cukup dengan karton pinsil dan gunting caranya dengan membentuk
gambar rambu-rambu lalulintas lalu digunting. Sedangkan, Untuk cara yang semi
modern kita dapat mensablon gambar tentu saja kita harus datang ke tempat
penyablonan karena butuh alat khusus dan keahlian untuk menyablon. Selain itu, Untuk
cara yang paling modern juga kita dapat mempergunakan kamera digital yang
memiliki relsolusi Pixel yang tinggi untuk memotret gambar-gambar yang ingin
dijadikan media, kita transfer data ke komputer lalu kita edit sesuai dengan
keinginan kita selanjutnya dicetak. Atau cara yang paling efektif yaitu
mengumpulkan gambar-gambar yang dapat dijadikan media pengajaran dari berbagai
majalah, koran dan lain-lain lalu dibuat kliping.
b. Media
gambar/foto
Foto
merupakan media reproduksi bentuk asli dalam dua dimensi foto ini merupakan
alat visual Yang efektif karena dapat divisualisasikan sesuatu yang akan
dijelaskan dengan lebih konkrit dan realistis. Informasi yang disampaikan dapat
dimengerti dengan mudah karena hasil yang diragakan lebih mendekati kenyataan
melalui foto yang diperlihatkan kepada anak-anak, dan hasil yang diterima
anak-anak akan sama. Foto ini dapat mengatasi ruang dan waktu. Sesuatu yang
terjadi di tempat yang lain dapat dilihat dari orang yang berda jauh dari
tempat kejadian dalam bentuk setelah kejadian itu berlalu. Beberapa alasan
penggunaan foto sebagai media pengajaran sebagi berikut:
· Bersifat konkrit, para siswa akan dapat melihat
dengan jelas sesuatu yang sedang dibicarakan atau didiskusikan.
· Dapat mengatasi batas waktu dan ruang, melalui
gambar dapat diperlihatkan kepada siswa foto-foto benda yang jauh atau yang
terjadi beberapa waktu yang lalu.
· Dapat mengatasi kekurangan daya mampu panca
indra manusia. Misalnya benda-benda kecil yang tak dapat dilihat dengan mata
dan diperbesar hingga dapat dilihat dengan jelas.
· Dapat digunakan duntuk menjelaskan suatu
masalah.
(Makalah Kelompok 8)
15. Sebutkan dan jelaskan macam- macam produksi
media pendidikan elektronic?
a.
Komputer
komputer
yaitu alat elektronik yang dapat mengolah data dengan perantaraan program dan
memberikan hasil pengolahan. Sekarang bagaimana komputer bila digunakan dalam
dunia pendidikan. Kelebihan-kelebihan menggunakan komputer sebagai media
pendidikan antara lain:
·
Tutorial. Program pengajaran tutorial dengan
bantuan komputer meniru sistem tutor yang dilakukan oleh guru atau instruktur.
·
Drills and Practice (Latihan).
·
Simulasi. Program simulasi dengan bantuan
komputer mencoba untuk menyamai proses dinamis yang terjadi di dunia nyata
·
Permainan instruksional.
·
Sangat fleksibel dalam mengajar dan dapat diatur
menurut keinginan penulis pelajaran atau penyusunan kurikulum. Dan dapat menilai hasil setiap pelajar dengan
segera.
b.
Overhead
Projector (OHP)
OHP
merupakan salah satu teknologi yang digunakan di kelas. Pendidik dapat
mempresentasikan pelajaran menggunakan transparansi berwarna dan bermakna yang
bisa menarik perhatian Peserta didik dengan segara. Beberapa kelebihan OHP
dalam pembelajaran antara lain :
·
Praktis, karena dapat dipergunakan untuk semua
ukuran kelas atau ruang.
·
Memberi kemungkinan tatap muka dan mengamati
respons dari penerima pesan (siswa).
·
Memberi kemungkinan pada penerima pesan (siswa)
untuk mencatat.
·
Mempunyai variasi teknik penyajian yang menarik
dan tidak membosankan.
·
Memungkinkan penyajian dengan berbagai
alternatif kombinasi warna.
c.
Radio
Radio
Sebagai suatu media radio mempunyai beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan
media yang lain, yaitu:
·
Harganya relatif murah dan variasi programnya
lebih banyak daripada TV.
·
Sifatnya mudah dipindahkan (mobile).
·
Jika digunakan bersama-sama dengan alat perekam
radio bisa mengatasi problem jadwal.
·
Radio dapat mengembangkan daya imajinasi anak.
·
Dapat merangsang partisipasi aktif daripada
pendengar. Sambil mendengarkan, siswa boleh menggambar, menulis, melihat peta,
menyanyi ataupun menari.
4.
Closed
Circuit Television (CCTV)
CCTV
merupakan alat pendidikan yang banyak digunakan disekolah maupun di perguruan
tinggi. CCTV harus ditangani sendiri oleh staf lembaga pendidikan yang
bersangkutan, walaupun mereka bukan ahli dalam bidang siaran, staf pengajar
akan turut dilibatkan dalam perencanaan keseluruhan program dalam persiapannya
maupun penyiarannya. CCTV mempunyai potensi yang sama seperti film dan TV. Akan
tetapi, dapat menyesuaikan program dengan kebutuhan sekolah.
16. Sebutkan kelemahan-kelemahan dari media
elektronik ?
a.
Komputer
·
Terikat oleh tempat atu tidakflexibel
secarapengaplikasiaan
·
Tidak semua pengajar dan peserta didik mampu
mennggunakannya, sehingga berimbas kepada tercapainya proses pembelajaran
·
Penggunaan sebuah program komputer biasanya
memerlukan perangkat keras dengan spesifikasi yang sesuai
·
Dan tingginya biaya pengadaan dan pengembangan
program komputer, terutama yang dirancang khusus untuk maksud pembelajaran.
Disamping itu, pengadaan, pemeliharaan, dan perawatan komputer yang meliputi
perangkat keras
b.
Overhead Projector (OHP)
Media ini
memerlukan perangkat keras yang khusus untuk memproyeksikan pesan yang ada pada
transparan. Memerlukan persiapan yang matang dan terencana, terutama bila
dipergunakan teknik-teknik penyajian yang kompleks, Dalam penggunaannya
diperlukan keterampilan khusus, Menuntut penataan ruang yang baik. Dan Menuntut perhatian untuk menghilangkan
distorsi (pemutar balikkan fakta) proyeksi.
c.
Radio
·
Sifat komunikasinya hanya satu arah.
·
Biasanya siarannya disentralisasikan sehingga
guru tak dapat mengontrolnya.
·
Penjadwalan pelajaran dan siaran sering
menimbulkan masalah. Integrasi siaran radio ke dalam kegiatan belajar mengajar di
kelas seringkali menyulitkan
d.
Closed Circuit Television (CCTV)
·
CCTV harus ditangani sendiri oleh staf lembaga
pendidikan yang bersangkutan, walaupun mereka bukan ahli dalam bidang siaran,
staf pengajar akan turut dilibatkan dalam perencanaan keseluruhan program dalam
persiapannya maupun penyiarannyatidakseperti TV padaumumnya
·
Pendanaan yangcukup besar
(Makalah Kelompok 9)
17. Jelaskan pengertian media audio visual?
Hamalik dalam Moedjiono & Suprijanta, 1986).
Rohani (dalam Harmawan, 2007) mengemukakan bahwa “media audio
visual adalah media instruksional modern yang sesuai dengan perkembangan zaman
(kemajuan ilmu pengetahuan, dan teknologi) meliputi media yang dapat dilihat
dan didengar)”. Jadi dapat disimpulkan, jia media pembelajaran adalah alat /
perantara yang dapat digunakan untuk mengkomunikasikan materi pelajaran kepada
para siswa agar mereka dapat mencapai tujuan dari proses belajar mengajar.
18. Sebutkan dan jelaskan jenis media audio visual secara
umum?
Secara lebih spesifik, audio visual
terbagi dua media audio- visual diam dab besuara. Media audiovisual diam adalah
media yang penyampaian pesannya dapat diterima oleh indera pendengaran dan
indera pengelihatan, akan tetapi gambar yang dihasilkannya adalah gambar diam
atau sedikit memiliki unsur gerak. Jenis media ini antara lain media sound
slide (slide suara), film strip bersuara, dan halaman bersuara.
Sedangkan audio visualbersuara merupakan
suatu inovasi dalam pembelajaran yang dapat digunakan sebagai media
pembelajaran dan efektif membantu siswa dalam memahami konsep yang abstrak
menjadi lebih konkrit (mengkonkritkan suatu yang bersifat abstrak). Dengan
menggunakan slide bersuara sebagai media pembelajaran dalam proses belajar
mengajar dapat menyebabkan semakin banyak indra siswa yang terlibat ( visual,
audio). Dengan semakin banyaknya indra yang terlibat maka siswa lebih mudah
memahami suatu konsep (pemahaman konsep semakin baik). Slide bersuara dapat
dibuat dengan menggunakan gabungan dari berbagai aplikasi komputer seperti:
power point, camtasia, dan windows movie maker.
WALLAHUA'LAM BISHAWWAB
(Makalah Kelompok 1)
1.
Jelaskan
konsep dasar teknologi pendidikan secara rinci ?
Pengertian teknologi
secara umum adalah proses untuk meningkatkan nilai tambah; produk yang
digunakan atau dihasilkan untuk memudahkan dan meningkatkan kinerja; struktur
atau sistem di mana proses dan produk itu dikembangkan dan digunakan.Secara
falsafi, dasar keilmuan itu meliputi: ontologi,
epistemologi, dan aksiologi.
Gejala yang merupakan landasan ontologi teknologi pendidikan
adalah :
a. Adanya
sejumlah besar orang yang belum terpenuhi kesempatan belajarnya, baik yang
diperoleh melalui suatu lembaga khusus, maupun diperoleh secara mandiri.
b. Adanya
berbagai sumber baik yang telah tersedia maupun yang dapat direkayasa, tetapi
belum dapat dimanfaatkan untuk keperluan belajar.
c. Perlu
adanya pengelolaan atas kegiatan khusus dalam mengembangkan dan memanfaatkan
sumber untuk belajar tersebut secara efektif, efisien, dan selaras.
Adapun cara untuk
mengatasi masalah-masalah belajar itu ialah melalui pendekatan yang merupakan landasan epistemologi dari teknologi
pendidikan berikut ini
a. Pendekatan isomorfis, yaitu menggabungkan
berbagai kajian atau bidang keilmuan (psikologi, komunikasi, ekonomi,
manajemen, rekayasa teknik, dan lain-lain) ke dalam suatu kebulatan tersendiri.
b. Pendekatan sistematik, yaitu dengan cara yang
berurutan dan terarah dalam usaha memecahkan persoalan.
c. Pendekatan
sinergistik, yaitu yang menjamin adanya nilai tambah dari keseluruhan kegiatan
dibandingkan dengan bila kegiatan itu dijalankan sendiri-sendiri.
d. Sistemik,
yaitu pengkajian secara menyeluruh atau komprehensif.
sedangkan landasan
aksiologi teknologi pendidikan adalah sebagai berikut
a. Meningkatkan produktivitas pendidikan
b. Memperlaju
penahapan belajar
c. Membantu
guru untuk menggunakan waktunya dengan lebih baik.
d. Mengurangi
beban guru dalam menyajikan informasi.
Selanjutnya, Ada beberapa pengertian mengenai teknologi pendidikan
yaitu anata lain :
a.
Merupakan
pengembangan, penerapan dan penilaian sistem-sistem, teknik dan alat Bantu
untuk memperbaiki dan meningkatkan proses belajar siswa.
b.
Yaitu pemikiran
yang sistematis dan kritis tentang pendidikan.
c.
Menurut Webster
Dictionary mengatakan bahwa teknologi pendidikan yaitu sebagai pegangan atau
pelaksanaan pendidikan secara sistematis, menurut system tertentu yang akan dijelaskan
kemudian.
2. Jelaskan penerapan teknologi pendidikan
secara rinci ?
Sebagaimana yang
telah kita ketahui dari berbagai literatu r yang berkaitan dengan teknologi
pendidikan, jika Teknologi pendidikan merupakan suatu disiplin terapan, artinya
ia berkembang karena adanya kebutuhan di lapangan, yaitu kebutuhan untuk
belajar, belajar lebih efektif, lebih efisien, lebih banyak, lebih luas, lebih
cepat, dan sebagainya. Beberapa bentuk penerapan teknologi pendidikan secara
menyeluruh, yaitu meliputi semua komponen dan karena itu merupakan sistem.
Dan
selanjutnya, Perkembangan yang sangat penting dari teknologi
pendidikan tetapi sering kali diacuhkan ialah bahwa ia berusaha memecahkan
masalah belajar pada manusia di mana saja, kapan saja, dengan cara apa saja,
dan oleh siapa saja. Apa yang telah berlangsung selama ini, terutama di
Indonesia, masih menitikberatkan pada pemecahan masalah dalam bidang
persekolahan. Jadi penerapan teknologi yang pastinya harus memperharikan setiap
aspek-aspekyang terlibat didalam proses pendidikan.
(Makalah Kelompok 2)
3.
Jelaskan
apa yang dimaksud dengan teknologi pendidikan sebagai pendekatan
Pendekatan
pembelajaran dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses
pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang
sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan,
dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu. Dilihat dari
pendekatannya, pembelajaran terdapat dua jenis pendekatan, yaitu:
a. pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau
berpusat pada siswa (student centered approach) dan
b. pendekatan
pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada guru (teacher centered
approach).
4.
Jelaskan
peranan teknologi pendidikan sebagai pendekatan dalam problematika pendidikan?
Sebelum
menjurus kepada peranan teknologi pendidikan terhada problematika pendidikan
yang ada, alangka baiknya kita terebih dahulu mentabulasi problematika itu
sendiri.
a.
Problem-problem pendidikan
aktual:
· Problem Mikro Pendidikan adalah sulit mempelajari konsep
yang abstrak, sulit membayangkan peristiwa yang telah lalu, sulit mengamati
sesuatu obyek yang terlalu kecil/besar, sulit memperoleh pengalaman langsung,
sulit memahami pelajaran yang diceramahkan, sulit untuk memahami konsep yangg
rumit, dan terbatasnya waktu untuk belajar.
·
Problem Makro Pendidikan adalah pendidikan
belum mampu memberikan kesempatan belajar yang merata pada struktur hirarki
pendidikan, terbatasnya kualitas pendidikan, dan terjadinya tidak sinergitas
antara pendidikan sekolah dengan dunia sekitar serta belum sesuainya dengan
perkembangan IPTEK.
b.
Identifikasi problem-problem
pendidikan aktual
Rendahnya sarana fisik, rendahnya
kualitas guru, sarana & prasarana yang kurang mendukung, gaji guru, kekurangan
guru, mahalnya biaya pendidikan, letak geografis, rendahnya prestasi siswa,
kurangnya pemerataan kesempatan pendidikan, pendidikan dijadikan komoditas
politik, trial & eror kurikulum, motivasi pendidikan masyarakat rendah,
akses informasi pendidikan kurang, relevansi pendidikan dengan kebutuhan (dunia
kerja), paradigma pendidikan, pemerintah belum melaksanakan amanat uu (anggaran
20% dari APBN), fasilitas sekolah timpang antar daerah, evaluasi (UN), link
antara sekolah dengan sekolah nyata.
Dari semua tabulasi permasalahan
diatas dapat kita simpulkan jika peranan teknologi pendidikan : Pertama, dari
segi probelm micro pendidikan. Dengan teknologi diharapkan dapat peserta didik
mampu mencena materi ajar dengan tipe belajar mereka (visual, audi,dan audio
visual) serta efisesnsi waktu. Kedua, dari segi makro pendidikan. Mampu
mengatasi keterbatasan informasi mengenai informasipendidikan terkini, dan
pekanya masyarakat sekolah dengan perkembangan atau gejala disekitar komunitas sekolah dan merupakan solusi dalam
menyiasati ketidakjelasan anggaran pendidikan yang besar dari segi penganggaran
tapi kecil dalam pemerataannya.
(Makalah Kelompok 3)
5.
Jelaskan
pengertian media pembelajaran baik secara etimoligi maupun terminologi ?
Media pembelajaran secara umum
adalah alat bantu proses belajar mengajar. Segala
sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan
kemampuan atau ketrampilan pebelajar sehingga dapat mendorong terjadinya
proses belajar. Batasan ini cukup luas dan mendalam mencakup pengertian sumber,
lingkungan, manusia dan metode yang dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran / pelatihan.
Sedangkan menurut Briggs (1977) media
pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran
seperti : buku, film, video dan sebagainya. Kemudian menurut National
Education Associaton(1969) mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah
sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi
perangkat keras.
6. Jelaskan bagaimana kriteria dalam
memilih media pembelajaran ?
Secara umum sebelum seorang guru
mengembangkan proses belajar mengajar, sebuah keniscayaan bagi mereka untuk mengikuti
tahap-tahap berikut:
1. Tahap
eksplorasi
2.
Tahap pengenalan konsep
3.
Tahap mengaplikasikan konsep
Selanjutnya, Adapun
kriteria pemilihan media pembelajaran. Adalah
1. Menunjang tercapainya tujuan pembelajaran, Media
pembelajaran yang akan digunakan sedapat mungkin dapat membantu dan mempermudah
dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
2.
Media yang dipilih hendaknya selalu disesuaikan dengan
kemampuan siswa. Dan Media yang digunakan hendaknya tepat guna artinya dapat
mempermudah siswa untuk memahami materi pelajaran yang dipelajari
3.
Media yang dipilih hendaknya memang tersedia, artinya
tersedia alat/bahannya atau tersedia waktu untuk mempersiapkan dan
mempergunakannya.
4.
Media yang dipilih hendaknya disenangi oleh guru dan
siswa. Dan Persiapan dan penggunaan media hendaknya disesuaikan dengan biaya
yang tersedia.
5.
Kondisi fisik lingkungan turut mempengaruhi media.
Oleh karena itu, perlu diperhatikan baik-baik kondisi lingkungan pada saat
merencanakan penggunaan media
(Makalah
Kelompok 4)
7. Jelaskan pengertian teknologi komunikasi pendidikan?
Teknologi komunikasi merupakan suatu hasil pemikiran
dan hasil karya manusia yang diaplikasikan
untuk menghubungkan proses komunikasi antarmanusia. Melihat pengertian tersebut
banyak sekali teknologi komunikasi yang berkembang dimasyarakat, salah satunya
adalah teknologi komunikasi pendidikan.
Jadi
dari definisi ini, maka Teknologi Komunikasi Pendidikan merupakan
kajian yang mempelajari tentang pemahaman dan penguasaan pengetahuan dan
keterampilan dalam menganalisis konsep teknologi komunikasi dalam pendidikan,
mengadopsi hasil inovasi teknologi komunikasi dalam mengembangkan pendidikan
dan pembelajaran, serta mampu menerapkan konsep dan prinsip serta cara kerja
hasil inovasi di bidang teknologi komunikasi dalam dunia pendidikan dan desain
pembelajaran. Teknologi komunikasi dalam teknologi pembelajaran merupakan
pemanfaatan teknologi komunikasai oleh guru/pengajar dan siswa/pelajar, dimana
teknologi yang berkembag dalam penerapan model pembelajaran berbasis TIK adalah
pembelajaran elektronik (e-learning).
8. Jelaskan manfaat teknologi komunikasi terhadap
pendidikan ?
Pemanfaatan TIK dalam pendidikan, akan
mengatasi masalah sebagai berikut:
a. Masalah
geografis, waktu dan sosial ekonomis Indonesia
b. Negara
Republik Indonesia merupakan Negara kepulauan, daerah tropis dan pegunungan hal
ini akan mempengaruhi terhadap pengembangan infrastruktur pendidikan sehingga
dapat menyebabkan distribusi informasi yang tidak merata.
c. Mengurangi
ketertinggalan dalam pemanfaatan TIK dalam pendidikan dibandingkan dengan
negara berkembang dan negara maju lainnya.
d. Akselerasi
pemerataan kesempatan belajar dan peningkatan mutu pendidikan yang sulit ditasi
dengan cara-cara konvensional
e. Peningkatan
kualitas sumber daya manusia melalui pengembangan dan pendayagunaan teknologi
informasi dan komunikasi.
f. TIK
akan membantu kinerja pendidikan secara terpadu sehingga akan terwujud
manajemen yang efektif dan efisien, transparan dan akuntabel.
(Makalah Kelompok 5)
9.
Jelaskan
kriteria penggunan media pendidikan?
Sebagaiman
yang telah kita pahami besama, jika Media pembelajaran yang baik harus memenuhi
beberapa syarat. Dimana Media pembelajaran harus meningkatkan motivasi
pembelajaran. Penggunaan media mempunyai tujuan memberikan motivasi kepada
pembelajar. Selain itu media juga harus merangsang pembelajar mengingat apa
yang sudah di pelajari selain memberikan rangsangan belajar baru. Media yang
baik juga akan mengaktifkan pembelajar dalam memberikan tanggapan, umpan balik
dan juga mendorong mahasiswa untuk melakukan praktik – praktik dengan benar.
Ada
beberapa kriteria untuk menilai keefektifan sebuah media. Hubbard mengusulkan
Sembilan kriteria untuk menilainya (Hubband, 1983 ) yaitu biaya, Biaya memang
harus dinilai dengan hasil yang akan dicapai dengan penggunaan media itu. Ketersediaan fasilitas pendukung seperti
listrik, kecocokan dengan ukuran kelas, keringkasan, kemampuan untuk diubah,
waktu dan tenaga penyiapan, pengaruh yang ditimbulkan, kerumitan dan yang
terahir adalah kegunaan. Media diartikan sebagai perantara yakni segala
sesuatu yang menjadi perantara tersampainya pesan. Media atau alat dalam
pembelajaran bahasa adalah segala alat yang dapat digunakan oleh guru dan siswa
untuk mencapai tujuan – tujuan yang sudah di tentukan. Pemilihan media ini
sangat terkait dengan materi dan metode yang di gunakan oleh guru. Beberapa hal
yang perlu diperhatikan dalam memilih dan menggunakan media untuk pembelajaran
di antaranya :
a.
manfaat dan kegunaan media tersebut
b.
topik – topik dan tujuan instruksionalnya
c.
alokasi waktu yang tersedia
d.
situasi dan lingkungan peserta
e.
kemampuan menggunakan media
Selain itu
beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan media yakni, manusia.
Dalam hal ini kemampuan yang dimilikinya
a.
kognitif ( pengetahuan intelektual ) /
kwoledge
b.
Afektif ( nilai, sikap, perasaan )
c.
Psikomotorik ( ketrampilan kerja dengan
koordinasi )
10. Jelaskan pengertian media pendidikan
secara terminologi?
Kata media berasal dari bahasa latin dan merupakan
bentuk jamak dari kata “medium” yang secara herfiah berarti perantara.
Jadi media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim kepenerima
pesan. Sedangkan menurut Azhar Arsyad
kata media berasal dari bahasa latin medius, yang secara harfia berarti tengan,
perantara atau pengantar. Dalam bahasa arab, media adalah perantara
(waasaailah) atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan.
Sedangkan menurut Gagne menyatakan bahba media adalah berbagai jenis
komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsang utuk belajar.
Jadi dari pengertian media diatas
dapat kita Simpulkan media pendidikan adalah alat Bantu atau alat komunikasi
untuk menyampaikan pesan-pesan pendidikan pada peserta didik agar dapat
lebih menyenagkan dalam proses belajar mengajar.
(Makalah Kelompok 6)
11. Sebutkan jenis-jenis media pengajaran dilihat dari daya liputnya?
a. Media
dengan daya liput luas dan serentak
Penggunaan
media ini tidak terbatas oleh tempat dan ruang serta dapat menjangkaujumlah
anak didik yang banyak dalam waktu yang sama.seperti radio dan televisi serta
internet
b. Media
dengan daya liput terbatas oleh ruang dan tempat
Media
ini dalam penggunaannya membutuhkan ruang dan tempat yang khusus seperti film
sound slides film rangkai, yang harus menggunakan empat tertutupdan gelap.
c. Media
untuk pembelajaran invidual
Media
ini penggunaannya hanya untuk seorang diri.termasuk media ini adalah modul
berprogram dan pengajaran melalui komputer.
12. Jelaskan peranan dan manfaat media
pengajaran dalam proses pembelajaran ?
Dalam pelaksanaan proses belajar mengajar, dua hal yang teramat penting
adalah metode mengajar yang digunakan serta dukungan dari media pengajaran.
Kedua aspek tersebut saling terkait datu sama lain. Pemilihan metode pengajaran
sangat mempeengaruhi media pengajran yang digunakan. Hal tersebut berarti bahwa
pemilihan media pengajaran harus didasarkan pada metode pengajaran yang
digunakan. Fungsi dan Manfaat Media Pengajaran yang digunakan sebagai alat
bantu dalam peroses belajar mengajar berfungsi untuk: “membangkitkan keinginan
dan minat baru , membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar dan
bahkan membawa pengaruh psikologis terhadap siswa”. Dengan demikian penggunaan
media pengajaran dapat membawa manfaat besar terhasap keberhasilan pelaksanaan
kegiatan belajar mengajar di kelas.
Fungsi dan Manfaat Media Pengajaran menurut Levie dan Lentz (dalam Arsyad,
2002) khususnya media visual adalah:
a. fungsi atensi yaitu menarik dan
mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pengajaran
yang berkaitan dengan makna visual yang ditampilkan
b.
fungsi afektif yang dapat mengubah emosi
dan sikap siswa
c. fungsi kognitif yang memperlancar
pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi atau pesan yang
terkandung dalam gambar, dan
d. kompensatoris yaitu memberikan konteks untuk memahami teks dan
memabantu siswa yang lemah dalam membaca dan mengorganisasikan informasi.
(Makalah Kelompok 7)
13. Jelaskan Pengertia Produksi Media
Pendidikan?
Produksi
media pendidikan merupakan segala upaya yang dilakukan untuk menciptakan dan
mengolah (produksi) media (benda visual maupun non visual) dengan cara
mempergunakan segala sumber daya (tenaga, pikiran, dan dana) dalam upaya
menciptakan proses pendidikan yang efektif dan inovatif dan tercapainya tujuan
pendidikan.
14. Sebutkan dan jelaskan jenis produksi media
pendidikan berupa gambar (non elektronic)?
a. Media
gambar cetak
Adalah
media gambar dengan menggunakan media gambar yang paling sederhana sampai dengan
yang paling modern. Untuk memproduksi media gambar yang paling sederhana,
membuatnya cukup dengan karton pinsil dan gunting caranya dengan membentuk
gambar rambu-rambu lalulintas lalu digunting. Sedangkan, Untuk cara yang semi
modern kita dapat mensablon gambar tentu saja kita harus datang ke tempat
penyablonan karena butuh alat khusus dan keahlian untuk menyablon. Selain itu, Untuk
cara yang paling modern juga kita dapat mempergunakan kamera digital yang
memiliki relsolusi Pixel yang tinggi untuk memotret gambar-gambar yang ingin
dijadikan media, kita transfer data ke komputer lalu kita edit sesuai dengan
keinginan kita selanjutnya dicetak. Atau cara yang paling efektif yaitu
mengumpulkan gambar-gambar yang dapat dijadikan media pengajaran dari berbagai
majalah, koran dan lain-lain lalu dibuat kliping.
b. Media
gambar/foto
Foto
merupakan media reproduksi bentuk asli dalam dua dimensi foto ini merupakan
alat visual Yang efektif karena dapat divisualisasikan sesuatu yang akan
dijelaskan dengan lebih konkrit dan realistis. Informasi yang disampaikan dapat
dimengerti dengan mudah karena hasil yang diragakan lebih mendekati kenyataan
melalui foto yang diperlihatkan kepada anak-anak, dan hasil yang diterima
anak-anak akan sama. Foto ini dapat mengatasi ruang dan waktu. Sesuatu yang
terjadi di tempat yang lain dapat dilihat dari orang yang berda jauh dari
tempat kejadian dalam bentuk setelah kejadian itu berlalu. Beberapa alasan
penggunaan foto sebagai media pengajaran sebagi berikut:
· Bersifat konkrit, para siswa akan dapat melihat
dengan jelas sesuatu yang sedang dibicarakan atau didiskusikan.
· Dapat mengatasi batas waktu dan ruang, melalui
gambar dapat diperlihatkan kepada siswa foto-foto benda yang jauh atau yang
terjadi beberapa waktu yang lalu.
· Dapat mengatasi kekurangan daya mampu panca
indra manusia. Misalnya benda-benda kecil yang tak dapat dilihat dengan mata
dan diperbesar hingga dapat dilihat dengan jelas.
· Dapat digunakan duntuk menjelaskan suatu
masalah.
(Makalah Kelompok 8)
15. Sebutkan dan jelaskan macam- macam produksi
media pendidikan elektronic?
a.
Komputer
komputer
yaitu alat elektronik yang dapat mengolah data dengan perantaraan program dan
memberikan hasil pengolahan. Sekarang bagaimana komputer bila digunakan dalam
dunia pendidikan. Kelebihan-kelebihan menggunakan komputer sebagai media
pendidikan antara lain:
·
Tutorial. Program pengajaran tutorial dengan
bantuan komputer meniru sistem tutor yang dilakukan oleh guru atau instruktur.
·
Drills and Practice (Latihan).
·
Simulasi. Program simulasi dengan bantuan
komputer mencoba untuk menyamai proses dinamis yang terjadi di dunia nyata
·
Permainan instruksional.
·
Sangat fleksibel dalam mengajar dan dapat diatur
menurut keinginan penulis pelajaran atau penyusunan kurikulum. Dan dapat menilai hasil setiap pelajar dengan
segera.
b.
Overhead
Projector (OHP)
OHP
merupakan salah satu teknologi yang digunakan di kelas. Pendidik dapat
mempresentasikan pelajaran menggunakan transparansi berwarna dan bermakna yang
bisa menarik perhatian Peserta didik dengan segara. Beberapa kelebihan OHP
dalam pembelajaran antara lain :
·
Praktis, karena dapat dipergunakan untuk semua
ukuran kelas atau ruang.
·
Memberi kemungkinan tatap muka dan mengamati
respons dari penerima pesan (siswa).
·
Memberi kemungkinan pada penerima pesan (siswa)
untuk mencatat.
·
Mempunyai variasi teknik penyajian yang menarik
dan tidak membosankan.
·
Memungkinkan penyajian dengan berbagai
alternatif kombinasi warna.
c.
Radio
Radio
Sebagai suatu media radio mempunyai beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan
media yang lain, yaitu:
·
Harganya relatif murah dan variasi programnya
lebih banyak daripada TV.
·
Sifatnya mudah dipindahkan (mobile).
·
Jika digunakan bersama-sama dengan alat perekam
radio bisa mengatasi problem jadwal.
·
Radio dapat mengembangkan daya imajinasi anak.
·
Dapat merangsang partisipasi aktif daripada
pendengar. Sambil mendengarkan, siswa boleh menggambar, menulis, melihat peta,
menyanyi ataupun menari.
4.
Closed
Circuit Television (CCTV)
CCTV
merupakan alat pendidikan yang banyak digunakan disekolah maupun di perguruan
tinggi. CCTV harus ditangani sendiri oleh staf lembaga pendidikan yang
bersangkutan, walaupun mereka bukan ahli dalam bidang siaran, staf pengajar
akan turut dilibatkan dalam perencanaan keseluruhan program dalam persiapannya
maupun penyiarannya. CCTV mempunyai potensi yang sama seperti film dan TV. Akan
tetapi, dapat menyesuaikan program dengan kebutuhan sekolah.
16. Sebutkan kelemahan-kelemahan dari media
elektronik ?
a.
Komputer
·
Terikat oleh tempat atu tidakflexibel
secarapengaplikasiaan
·
Tidak semua pengajar dan peserta didik mampu
mennggunakannya, sehingga berimbas kepada tercapainya proses pembelajaran
·
Penggunaan sebuah program komputer biasanya
memerlukan perangkat keras dengan spesifikasi yang sesuai
·
Dan tingginya biaya pengadaan dan pengembangan
program komputer, terutama yang dirancang khusus untuk maksud pembelajaran.
Disamping itu, pengadaan, pemeliharaan, dan perawatan komputer yang meliputi
perangkat keras
b.
Overhead Projector (OHP)
Media ini
memerlukan perangkat keras yang khusus untuk memproyeksikan pesan yang ada pada
transparan. Memerlukan persiapan yang matang dan terencana, terutama bila
dipergunakan teknik-teknik penyajian yang kompleks, Dalam penggunaannya
diperlukan keterampilan khusus, Menuntut penataan ruang yang baik. Dan Menuntut perhatian untuk menghilangkan
distorsi (pemutar balikkan fakta) proyeksi.
c.
Radio
·
Sifat komunikasinya hanya satu arah.
·
Biasanya siarannya disentralisasikan sehingga
guru tak dapat mengontrolnya.
·
Penjadwalan pelajaran dan siaran sering
menimbulkan masalah. Integrasi siaran radio ke dalam kegiatan belajar mengajar di
kelas seringkali menyulitkan
d.
Closed Circuit Television (CCTV)
·
CCTV harus ditangani sendiri oleh staf lembaga
pendidikan yang bersangkutan, walaupun mereka bukan ahli dalam bidang siaran,
staf pengajar akan turut dilibatkan dalam perencanaan keseluruhan program dalam
persiapannya maupun penyiarannyatidakseperti TV padaumumnya
·
Pendanaan yangcukup besar
(Makalah Kelompok 9)
17. Jelaskan pengertian media audio visual?
Hamalik dalam Moedjiono & Suprijanta, 1986).
Rohani (dalam Harmawan, 2007) mengemukakan bahwa “media audio
visual adalah media instruksional modern yang sesuai dengan perkembangan zaman
(kemajuan ilmu pengetahuan, dan teknologi) meliputi media yang dapat dilihat
dan didengar)”. Jadi dapat disimpulkan, jia media pembelajaran adalah alat /
perantara yang dapat digunakan untuk mengkomunikasikan materi pelajaran kepada
para siswa agar mereka dapat mencapai tujuan dari proses belajar mengajar.
18. Sebutkan dan jelaskan jenis media audio visual secara
umum?
Secara lebih spesifik, audio visual
terbagi dua media audio- visual diam dab besuara. Media audiovisual diam adalah
media yang penyampaian pesannya dapat diterima oleh indera pendengaran dan
indera pengelihatan, akan tetapi gambar yang dihasilkannya adalah gambar diam
atau sedikit memiliki unsur gerak. Jenis media ini antara lain media sound
slide (slide suara), film strip bersuara, dan halaman bersuara.
Sedangkan audio visualbersuara merupakan
suatu inovasi dalam pembelajaran yang dapat digunakan sebagai media
pembelajaran dan efektif membantu siswa dalam memahami konsep yang abstrak
menjadi lebih konkrit (mengkonkritkan suatu yang bersifat abstrak). Dengan
menggunakan slide bersuara sebagai media pembelajaran dalam proses belajar
mengajar dapat menyebabkan semakin banyak indra siswa yang terlibat ( visual,
audio). Dengan semakin banyaknya indra yang terlibat maka siswa lebih mudah
memahami suatu konsep (pemahaman konsep semakin baik). Slide bersuara dapat
dibuat dengan menggunakan gabungan dari berbagai aplikasi komputer seperti:
power point, camtasia, dan windows movie maker.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar