Sabtu, 26 Maret 2011

قرأة الكتب

قرأة الكتب
(وصيّة أب)



قدّمت المقالة فى مادة قرأة الكتب اللمجادلة
الكاتب
عبد الرحمن (09260001)
عيد فطرى (09260002)
عمران مرحاميد (09260003)
المحاضرة
يونيار الماجستيرة
شعبة التعليم اللغة العربيّة
بكليّة التربيّة
با لجامعة رادين فتاح الاسلامية الحكومية فالمبانج
2011م/1432ه
العرض
وصيّة أب
1. وصى أب ابنته ليلة الزّواج فقال : إنّ الزّواج يا ابنتي ليس نزهة, وإنّما هو مسؤولية كبيرة, مسؤولية القيام بشؤون أسرة كاملة, تبدأ بالاهتمام بشؤون شريكها في رحلة الحياة. ثمّ لاتلبث أن تشمل الأبناء والبنات, ثمّ الأحفاد. إنّها مسؤولية تربية أبناء الأمّة وبناتها. وإنّ للتربيّة المنزليّة دورا كبيرا في إعطاء الأمّة هويتها, وفي حفاظها على كيانها.
2. بعض البنات يتزوجن تخلصا من قيود ابآئهن, متصورات أنّ الزواج حياة تخلو من القيود, وهذا ظن خاطئ جدا، لأنّ الاباء لاقيود عندهم ضدّ مصلحة البنات وسعادتهنّ, هذا في الغالب الاعم من الناس, والشاذ لا حكم له. هذا ولايمكن أن توجد حياة خالية من القيود. إنّ الحرية المطلقة شر و دمار, بل يجب أن تعلّم الفتاة أنّها أكثر حرية، عندما تكون في بيت أبيها، إنّها عندما تنتقل إلى بيت زوجها.
3. إنّ الزواج يا ابنتي ليس راحة ونوما متواصلا، وإنّما هو عمل وتخطيط. إنّ الزوجه الناجحة هي الّتي تعمل بضع عشرة ساعة في بيتها. إنّها في مملكة البيت وزيرة مالية، تتولى مع زوجها ميزانية البيت، ووزيره داخليّة تحافظ على امنه، ووزيرة تربية وتعليم تربي أولادها، وتوجهها، وتغرس في نفوسهم العواطف السامية من حب الاخرين والتعاون معهم،ووزيرة تموين تدبر الغداء والملبس، وتتعاون مع الزوج على تنظيم هذه الشؤون كلها، ولا يجوز لها أن سرت واحدة منها.
4. خذي يا ابنتي درسا مفيدا مما نرى ونسمع. إنّنا نسمع حوادث طلاق كثيرة لشابات، تزوجت الواحدة منهنّ على أساس أنّ الزواج هو الذهاب إلى الحدائق، وزيارة الصديقات كلّ يوم، والتّجوّل في الأسواق كلّ ليلة، والعشاء الفجم في فندق كبير كلّ أسبوع، والسفر إلى أوروبا وآسيا وأمريكا وغيرها كلّ عام، ومشاهدة برامج التلفاز، وسماع الإذاعات، والتحدث مع الصديقات في الهاتف، ولبس أفضل الملابس وأحدثها، وكذلك لبس أفضل أنواع الحلي بين الحين و الحين. والسهر في النّوادي النسائيّة، والجلسات العائليّة، وركوب أجمل السيارات، واستخدام الخادمات والطّاهيات، والسكن في أجمل البيوت.
5. وتجدّ الواحدة منهنّ بعد حين، أنّ الزواج عمل مستمر، واحتمال لمشكلات الحياة، وصبر على ظروفها القاسية، ومتاعبها، ومحاولة للتكيف مع الظروف، والتغلّب عليها، وتربية للنفس على حياة جديدة، فيها جوانب غير مألوفة، فتصاب بالإحباط، وتستولي عليها الكآبة، فتتقوض الحياة الزوجية بين عشية وصحاها.
6. اعلمي يا ابني، أن الزوج قد يحتمل أن يمشي ساعة في شارعا مليء بالتراب و النفايات و القاذورات,و لكنه لا يستطيع أن يجلس في بيته دقيقةعلى كرسي مغطى بالتراب, وإنّ الزّوج يمكن أن يأكل في مطعم,أو عند صديق طعاما لا لذة فيه ولا طعم, ولكنه لايستطيع تحمل ذلك في بيته ابدا. إن الزوج يعود من عمله متعبا, عندما يفتح باب داره, يتوقع أن يقابل من زوجة الحبيبة بالإبتسامة الحلوة, و الكلمة الطيبة, و الوجه المشرق. و قالوا:إنّ تكشيرة الزوجة في يوم واحد، يمكن أن تقصر عمر الزوج سنة كاملة. وقالوا : إذا اردت أن تطول حياة زوجك, فإبتسمي له, و إذا أردت أن تقصري عمره, فلا داعي لاستعمال السموم أو غيرها, يكفي أن تستقبليه مكشرة و تودعيه مكفهرة, و تصبحيحه ساخطة و تمسيه عابسة.
7. إعلمي يا ابنتي أنّ احتمام البنات اليوم بأمور تافهة, وإنّهن يغفلن الأمور الأساسية في الحياة الزوجية السعيدة, و إغفال هذه الأمور ينغص عليهنّ سعادتهن. من الخطأ أن تهتم الزّوجة بالشقق أو البيوت الجميلة الكبيرة,و أثاثها أكثر مما تهتم بالزوج. ومن الخطأ أن تهتم الزوجة بالتلفاز الملون والفيدير الحديث والسيارة الجديدة أكثر مما تهتمّ بالزوج وطموحه. إنّ الشّقة والتلفاز و السيّارة لاتوفّر السعادة. إنّ القلب الخبير، والعواطف الدّافعة، والتّفهم العميق، والتّقدير الكبير، والحبّ الحقيقي، كلّ أولئك هي الّتي تحقق السعادة، ومن ثمّ تأتي الامور الأخرى. والله يوفقك.



الترجيم
1. Seorang Bapak berwasiat kepada anaknya di malam pernikahan dan berkata : sesungguhnya pernikahan itu wahai anakku bukanlah sebuah permainan, akan tetapi pernikahan itu adalah tanggung jawab yang besar, tanggung jawab melaksanakan seluruh urusan keluarga, dimulai dengan memberikan perhatian terhadap urusan pasangan didalam perjalanan hidup, kemudian tidak hanya mendiami tempat tinggal termasuk putra dan putrid dan cucu. Ini adalah tanggung jawab mendidik (membesarkan) putra dan putri secara umum. Dan rumah (keluarga) merupakan peran utama/pendidikan utama didalam memberikan sebuah gambaran masyarakat dan dalam menjaga integritas (aspek keadaan) mereka.
2. Beberapa wanita yang menikah lepas/bebas dari hubungan/tali orang tua mereka. Gambar seperti ini menunjukan bahwasannya pernikahan merupakan kehidupan yang melepaskan/mengasingkan diri dari hubungan, dan ini merupakan cara berfikir yang sangat keliru, karena orang tua masih memiliki hubungan terhadap kemaslahatan anak perempuannya dan kebahagiaan mereka, dan ini merupakan suatu kebiasaan yang umum/normal dalam masyarakat, dan tidak ada aturan padanya. Dan hal ini tidak mungkin ditemukan didalam kehidupan yang bebas dari hubungan. Sesungguhnya kebebasan itu merupakan kejahatan yang mutlak serta kehancuran, tetapi wajib bagi mereke untuk mengetahui terlebih dahulu apa kebebasan tersebut. Ketika dirumah orang tuanya dan ketika ia pindah ke rumah suamiya.
3. Sesungguhnya pernikahan itu bukan hanya ketenangan dan kenyaman yang berkesinambungan, akan tetapi pernikahan tersebut merupakan pekerjaan dan perencanaan. Dan pernikahan yang sukses adalah pernikahan yang dimana posisi seorang istri bekerja di rumahnya. Dan tatanan keluarga ia Mengatur keuangan, sama sama mengatur anggaran rumah dengan suaminya, dan bertanggung jawab menjaga keamanan, bertanggung jawab terhadap pendidikan dan pengajaran mendidik anak-anaknya, dan prospek kedepan mereka. Dan menanamkan emosi yang baik terhadap orang lain dan tolong menolong dengan mereka. Dan bertanggung jawab mengurusi pangan dan sandang mereka, dan bekaerja sama dengan suami dalam mengatur urusan secara keseluruhan. Dan tidak boleh melalaikan salah satu darinya.
4. Ambilah wahai anakku pelajaran yang berguna dari apa yang kita lihat dan dengar. Kita sering mendengan kasus perceraian para pemudi, salah satu alasan mereka yakni atas dasar bahwa pernikahan itu adalah tamasyah, dan berkunjung ke tempet kerabat setiap hari dan berkeliling pasar-pasar setiap malam, dan makan malam di Hotel besar setiap minggu, dan berpergian ke Eropa, Asia, Amerika dan lain sebagainya setiap tahun. Dan menonton program-program TV, mendengarkan radio dan bercerita dengan teman-teman melalui telepon, dan memakai pakaian terbaik dan terbaru, serta memakai perhiasan yang terbaik dari waktu ke waktu. Dan bergadang disebuah klub wanita, dan pertemuan keluarga, mengendarai mobil-mobil yang terbaik. Dan memperkerjakan pembantu dan desainger pribadi, dan tinggal di rumah yang paling indah.
5. Kita menemukan sebuah kesimpulan dari hal ini, bahwasannya pernikahan adalah pekerjaan yang berkelanjutan, dan terdapat masalah kehidupan, sabar dalam menghadapi kondisi yang keras,dan sulit, dan beradaptasi dengan keadaan dan mampu mengatasinya. Dan merupakan pendidikan individual bagi kehidupan yang baru, mungkin terdapat
6. Ketahuilah wahai anakku, bahwasannya pasangan mungkin dapat memaklumi keadaan yang berdebu, sampah dan kotoran, akan tetapi ia tidak bisa duduk di kursi rumah yang berdebu. Suami mungkin bias makan di restoran ketikan makan di rumah tidak enak dan tidak terasa. Dan dia pun tidak bisa makan diluar selamanya. Ketika suami pulang dari pekarjaan yang melelahkan dan membuka pintu rumahnya, ia disambut istri yang tercinta dengan senyuman yang manis, dan perkataan yang baik, dan wajah yang cerah. Dan mereka berkata : sesungguhnya mulut istri dalam satu hari dapat menyebabkan runuthnya bahterai pernikahan(hubungan dengan suami). Dan mereka berkata : jika ingin mempertahankannya maka senyumlah kepadanya, dan jika ingin meruntuhkannya, maka jangan menggunakan racun dan sebagainya, cukup dengan wajah yang suram dan mengerutkan kening. Dan pagi harinya marah dan menampakkanm muka yang masam.
7. Ketahuilah wahai anakku, para wanita menggap masalah ini merupakan hal-hal yang remeh, dan mereka melalaikan masalah-masalah yang mendasar dalam kehidupan pernikahan yang bahagia. Dan masalah kelalaian menjadikan sulit menuju kebahagiaan mereka. Dari kesalahan seorang istri adalah adalah ia hanya memperhatikan pakaian atau hanya memeperhatikan masalah rumah yang bagus, besar dan peralarannya dari pada memperhatikan suaminya. Kemudia ia lebih banyak mementingkan TV dan video terbaru, dan mobil baru dari pada memperhatikan suami dan perasaannya. Sesungguhnya pakaian, TV dan mobil tidak mendatangkan kebahagiaan, dan sesunggunya hati yang mengetahui dengan sebenar-benarnya, dan hubungan yang bertahan (harmonis) dan pemahaman yang mendalam, keputusan yang besar, cinta yang hakiki, semua itu yang mewujudkan kebahagiaan, dan kemudian mendatangkan urusan yang lain

1 komentar: